Yang akan terlebih dulu dioperasionalkan adalah KA Argo Lawu pada 30 Juli,...
Yogyakarta (ANTARA) -
Tiga kereta api jarak jauh yang lekat dengan masyarakat Yogyakarta dan Solo, yaitu KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, dan Taksaka akan kembali dioperasionalkan mulai 30 Juli untuk mendukung kebutuhan perjalanan Idul Adha, setelah tidak dioperasionalkan akibat pandemi COVID-19.

“Yang akan terlebih dulu dioperasionalkan adalah KA Argo Lawu pada 30 Juli, sedangkan untuk Argo Dwipangga dan Taksaka akan kembali dioperasionalkan pada 2 Agustus,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Selasa.

KA Argo Lawu akan diberangkatkan dari Stasiun Gambir pada pukul 21.00 WIB, sedangkan Argo Dwipangga akan diberangkatkan dari Stasiun Solo Balapan dengan tujuan akhir Stasiun Gambir Jakarta pukul 19.45 WIB.

Baca juga: Libur Idul Adha, KAI tawarkan diskon 25 persen

KA Taksaka akan diberangkatkan dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Yogyakarta pada pukul 21.30 WIB.

“Kami akan melakukan evaluasi terhadap animo masyarakat memanfaatkan moda transportasi untuk ketiga kereta api tersebut,” katanya.

PT KAI juga akan memberikan potongan harga tiket hingga 25 persen untuk perjalanan kereta jarak jauh pada 30 Juli - 2 Agustus melalui program Promo Big Sale. Harga tiket KA Argo Lawu dan Argo Dwipannga yang semula Rp440.000 turun menjadi Rp360.000.

Tiket dengan harga promo tersebut dapat dipesan melalui KAI Access, laman kai.id dan mitra penjualan resmi lainnya. Namun, jumlah tiket promo terbatas.

Baca juga: KAI gandeng RNI sediakan layanan tes cepat Rp85.000 di 12 stasiun

Dalam operasional kembali Argo Lawu, Argo Dwipangga dan Taksaka, PT KAI akan tetap menerapkan prosedur dan protokol kesehatan secara ketat, yaitu penumpang membawa surat bebas COVID-19, wajib memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat celcius, dalam kondisi sehat, dan diimbau mengenakan pakaian lengan panjang.

Mulai Kamis (30/7), Eko mengatakan akan disediakan layanan rapid test di Stasiun Tugu dan Solo Balapan untuk pelanggan kereta api dengan menunjukkan kode booking tiket. Layanan dimulai pukul 07.00 WIB -19.00 WIB dengan harga Rp85.000.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020