Nusantara Fashion Festival 2020, sinergi UMKM dan pegiat industri mode

Nusantara Fashion Festival 2020, sinergi UMKM dan pegiat industri mode

Konferensi pers virtual Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020, Selasa (28/7/2020) (HO)

Produk dari mereka yang berpartisipasi bisa dilihat dan dibeli di Tokopedia dan Bukalapak
Jakarta (ANTARA) - Festival mode virtual Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 akan menjadi wadah sinergi antara 300 usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan pegiat industri mode dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

NUFF 2020, program persembahan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Bank BRI untuk mendukung nasional gerakan Bangga Buatan Indonesia, digelar pada 1-31 Agustus 2020.

"Kami harap ini bisa berlangsung setiap tahun, menjadi media kolaborasi antara UMKM dan desainer," kata Direktur Konsumer Bank BRI Handayani dalam konferensi pers daring, Selasa.

"Mereka memang harus dipertemukan agar UMKM berdaya dan punya daya saing baik, dan desainer diharapkan bisa mendampingi biar industri mode bertumbuh."

Acara mode virtual terbesar pertama di Indonesia ini akan menghadirkan karya dari 75 perancang, label dan UMKM dalam peragaan busana virtual.

Dia berharap, keterlibatan UMKM dalam acara ini bisa menjadi sarana promosi sekaligus membantu penjualan produk buatan dalam negeri.

"Produk dari mereka yang berpartisipasi bisa dilihat dan dibeli di Tokopedia dan Bukalapak," jelas dia.

Acara ini juga menghadirkan bincang-bincang bertajuk Fashion Talks yang melibatkan lebih dari 50 pembicara. Akan ada program lelang produk mode hasil kolaborasi istimewa antara seniman dan label lokal yang hasilnya diberikan untuk industri mode Indonesia.

CEO Samara Media & Entertainment Ben Soebiakto mengatakan, festival mode virtual perdana di Indonesia ini akan menghadirkan pengalaman digital baru yang diharapkan bisa memberi kesempatan kepada UMKM dan pelaku industri fesyen untuk menemukan prospek bisnis baru.

Selain itu, dia ingin NUFF 2020 dapat menginspirasi pelaku industri mode untuk mampu bertransformasi menghadapi kondisi baru akibat pandemi COVID-19.

"Saya harap NUFF bisa bisa mendorong masyarakat untuk berkontribusi dan menggerakkan kembali roda ekonomi, juga agar masyarakat bangga dengan buatan Indonesia."

Seluruh rangkaian NUFF bisa disaksikan secara livestream di nusantarafashionfestival.com.

Baca juga: Zoya hadirkan produk baru dengan teknologi antivirus

Baca juga: "Sustainable Cities", koleksi LifeWear terbaru dari Uniqlo

Baca juga: Busana modest baru dari Hana Tajima untuk mengekspresikan diri

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Aceh harus rebut pasar busana Muslim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar