pertanian ke depan kita pastikan maju dan mampu menghidupi pangan 267 juta jiwa rakyat Indonesia
Makassar (ANTARA) - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyerahkan bantuan pertanian dengan total nilai Rp26 miliar untuk Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan.

Bantuan tersebut meliputi benih padi, benih jagung, alat mesin pertanian, pengembangan komoditas hortikultura dan pengembangan tanaman porang.

Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kementerian Pertanian (Kementan) juga mencanangkan model pengembangan pertanian yang maju yakni dalam setiap 1.000 hektar lahan, harus dibangun pabrik.

"Dengan demikian, pertanian ke depan kita pastikan maju dan mampu menghidupi pangan 267 juta jiwa rakyat Indonesia. Harga porang sangat bagus dan pangsa pasar ekspor terbuka lebar, jadi ayo kita tanam porang," katanya pada acara tanam dan panen raya Porang di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Selasa.

Ekspor porang periode Januari hingga 28 Juli 2020 begitu menjanjikan, tercatat sebesar 14.568 ton dengan nilai Rp801,24 miliar.

Dalam rangka pengembangan tanaman porang, pemerintah mengalokasikan pada tahun 2020 seluas 17.886 ha, yaitu di Provinsi Jawa Barat, jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, NTT dan Sulawesi Selatan. Sedangkan untuk Provinsi Sulawesi Selatan dialokasikan kegiatan pilot project porang seluas 10 ha dan pengembangan seluas 564 ha.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi menjelaskan pembudidayaan tanaman porang dengan memanfaatkan lahan marginal atau lahan tidur merupakan sebuah terobosan yang cukup bagus, apalagi porang merupakan komoditas baru yang bernilai ekonomis tinggi.

Ia berharap Kabupaten Sidrap bisa memiliki andil yang cukup besar untuk menjadi salah satu daerah yang sukses membudidayakan porang.

"Dukungan Kementan tentunya diberikan untuk Kabupaten Sidrap melalui bantuan sarana produksi, seperti benih dan maupun alat mesin pertanian. Kementan juga menyediakan fasilitas dana KUR (kredit usaha rakyat) sehingga petani memiliki modal bertani," jelasnya.

Baca juga: Menkop dan Mentan sepakat percepat wujudkan korporasi petani
Baca juga: Mentan dorong peningkatan kapasitas industri penggilingan padi
Baca juga: Pastikan percepatan tanam, Mentan serukan jajarannya turun ke lapangan

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020