Program Dokter Terbang ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Utamanya bagi warga yang berada di daerah yang sulit terjangkau, seperti perbatasan, pedalaman, termasuk di kawasan pesisir seperti di perkampungan
Tarakan, Kaltara (ANTARA) - Pengobatan gratis melalui Program Dokter Terbang yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kalimantan Utara (Kaltara) pada Selasa melayani puluhan warga pesisir pantai di wilayah Kampung Baru hingga Karang Tigau, Desa Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan.

"Tiga dokter spesialis dihadirkan untuk memberikan pelayanan kesehatan lanjutan kepada masyarakat melalui Program Dokter Terbang ini," kata Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie di Tanjung Selor, Selasa.

Ia menjelaskan para dokter spesialis yang dihadirkan melalui Program Dokter Terbang itu yakni dokter spesialis penyakit dalam, spesialis anak dan dokter spesialis kandungan.

“Alhamdulillah, saya tadi lihat banyak masyarakat yang mendapat pelayanan kesehatan melalui Program Dokter Terbang yang kita adakan," katanya.

Menurut gubernur hal ini membuktikan bahwa Program Dokter Terbang ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Utamanya bagi warga yang berada di daerah yang sulit terjangkau, seperti perbatasan, pedalaman, termasuk di kawasan pesisir seperti di perkampungan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara Usman menjelaskan ada 80 lebih warga yang mendapatkan pelayanan kesehatan dokter spesialis dalam kegiatan tersebut. Di samping itu, sejumlah masyarakat lain yang memeriksakan kesehatan biasa.

Gubernur berpesan kepada warga untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Karena saat ini kita masih berada di masa pandemi COVID-19, mari kita semua selalu disiplin menjalani protokol kesehatan. Dan juga berdoa, semoga kita semua diberi kesehatan dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT,” demikian Irianto Lambrie.

Baca juga: Warga perbatasan Kaltara rasakan manfaat dokter terbang

Baca juga: Kalimantan Utara lanjutkan program dokter terbang


Baca juga: Gubernur Kaltara luncurkan program inovasi layanan kesehatan

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020