KKP siap sinergi lintas sektor garap 100.000 hektare tambak udang

KKP siap sinergi lintas sektor garap 100.000 hektare tambak udang

Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto. ANTARA/M Razi Rahman

inisiatif pembudidaya untuk menerapkan SOP yang benar jadi modal sendiri jika ingin berhasil
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan siap bersinergi dengan berbagai lintas sektoral untuk menggarap 100.000 hektare tambak udang dalam rangka meningkatkan produksi dan ekspor komoditas udang nasional.

"Pak Menko Maritim dan Investasi sudah canangkan untuk garap 100.000 hektar tambak dalam lima tahun mendatang," kata Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto di Jakarta, Selasa.

Menurut Slamet, guna merealisasikan hal tersebut, KKP dan lintas sektoral terkait telah menyusun peta jalan untuk lima tahun ke depan.

Dengan demikian, lanjutnya, maka sudah jelas di mana lokasi pengembangan, berapa input yang dibutuhkan, serta siapa dan apa yang bisa dikerjakan masing masing sektor terkait.

Dirjen Perikanan Budidaya KKP juga optimistis dapat mewujudkan target peningkatan produksi udang sebesar 250 persen pada tahun 2024.

Slamet juga memastikan program pengembangan udang telah menjadi program prioritas nasional sehingga lintas sektoral akan diminta untuk mendukung sesuai kewenangannya masing-masing.

Slamet juga mengapresiasi keberhasilan panen oleh pembudidaya udang di Surade, Sukabumi, yang merupakan petambak udang binaan KKP dan berhasil panen hingga sebesar 45 ton udang per hektare.

"Saya kira inisiatif pembudidaya untuk menerapkan SOP yang benar jadi modal sendiri jika ingin berhasil. Contoh keberhasilan di Surade, ini bisa kita tularkan di daerah lain. Intinya masyarakat faktanya sudah mulai paham bagai mana menerapkan best management practices dalam budidaya udang," ucapnya.

Berdasarkan data KKP, pembudidaya udang vaname di Surade Kabupaten Sukabumi berhasil panen dengan produktivitas mencapai 45 ton per hektar.

Sebelum menggeluti usaha budidaya udang, petambak tersebut mendapat bimbingan teknis melalui program magang di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara.

Baca juga: KKP ingin tambak udang tekankan intensifikasi dan produktivitas tinggi
Baca juga: Kemenperin fasilitasi pengembangan tambak udang vaname di Gorontalo
Baca juga: Pemerintah bangun proyek contoh tambak udang lima hektare di Lampung

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Edhy Prabowo prioritaskan dana PEN untuk intensifikasi tambak udang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar