Uji coba lintasan MotoGP Mandalika April 2021

Uji coba lintasan MotoGP Mandalika April 2021

Lokasi pembangunan sirkuit jalan raya pertama di dunia untuk MotoGP di sirkuit Mandalika oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). (ANTARA/ITDC/dok).

Gubernur NTB: pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika tetap berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan.
Mataram (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Moh Faozal, mengatakan proses pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika masih terus berjalan, bahkan jika tidak ada kendala, uji coba sirkuit sudah bisa dilakukan pada bulan April 2021.

"Insya Allah, uji coba lintasan sudah bisa dilakukan April 2021," ujarnya di Mataram, Selasa.

Ia mengakui hingga saat ini progres pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika sudah mencapai 50 persen. Bahkan, pada bulan Agustus 2020, sirkuit dengan panjang lintasan 4,31 kilometer dan 17 tikungan tersebut sudah masuk dalam tahap pengaspalan.

"Jadi semua berjalan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan," terang Faozal.

Baca juga: ITDC fokus percepat konstruksi Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021

Menurut dia, dengan rencana uji race lintasan pada 2021, maka dirinya menepis isu yang berkembang bahwa pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika tertunda akibat pandemi COVID-19. Sebab, bagaimanapun pergelaran MotoGP di sirkuit Mandalika menjadi harapan bagi pariwisata NTB.

"Saya kira tidak ada penundaan pembangunan sirkuit, apalagi penyelenggaraan MotoGP sudah terikat antara penyelenggara MotoGP dengan pemerintah. Jadi tandatangan ini bukan lagi antar daerah NTB tapi sudah negara melalui presiden," tegasnya.

Karena itu, meski pandemi COVID-19 merebak, Faozal menyatakan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika terus berjalan, sehingga tidak ada masalah dengan pembangunannya.

"Saya kira semua negara mengalami COVID-19, tetapi apakah aktivitas itu terhenti tentu juga tidak. Karena, semua juga berjalan dengan menerapkan SOP COVID-19. Contoh main bola saja sudah bisa dilaksanakan tetapi tetap jalan dengan mengedepankan protokol COVID-19, sehingga kenapa tidak dengan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika," katanya.

Baca juga: MGPA perkirakan jadwal uji kelayakan sirkuit Mandalika mundur

Sebelumnya, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah memastikan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah tetap berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan.

"Masih on the right track," ujarnya.

Menurutnya, Kementerian PUPR sendiri memberikan perhatian khusus kepada NTB, karena provinsi itu akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Mulai dari pembangunan jalan yang akan dibangun dari bandara menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada bulan Juli.

"Kami optimistis pembangunan sirkuit tetap berjalan sesuai rencana walau ada masalah lahan," katanya.

Baca juga: Gubernur NTB pastikan pembangunan sirkuit Mandalika sesuai rencana

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menhub terima laporan, Pelabuhan Gili Mas siap terima hotel terapung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar