Bantul akan gelar Nikah Bareng Merah Putih peringati HUT Kemerdekaan

Bantul akan gelar Nikah Bareng Merah Putih peringati HUT Kemerdekaan

Pembekalan Bela Negara dan Adaptasi Kebiasaan Baru sebagai spirit Nikah Bareng Merah Putih diikuti para pasangan calon pengantin di KUA Kretek Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Ini akan menjadi pernikahan maraton unik pertama di Indonesia karena akan digelar selama dua pekan.
Bantul (ANTARA) - Forum Taaruf Indonesia Sewon bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan didukung pemerintah setempat akan mengadakan kegiatan bertajuk 'Nikah Bareng Merah Putih' dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 RI Tahun 2020.

Ketua Golek Garwo Forum Taaruf Indonesia (Fortais) Sewon dan Nikah Bareng Nasional Ryan Budi Nuryanto di Bantul, Selasa, mengatakan bahwa dampak pandemi wabah COVID-19 sekarang ini telah berimbas terhadap ritual budaya dan perekonomian di Indonesia khususnya industri pariwisata dan industri 'wedding' (pesta pernikahan).

"Oleh karena itu bersinergi dengan program pemerintah terhadap Adaptasi Kebiasaan Baru juga membantu masyarakat tidak mampu untuk menikah, kami mempersembahkan Nikah Bareng Merah Putih bertema Bersatu Merajut Kasih, Berjuang Ditengah Pandemi Untuk Indonesia Maju," katanya.

Kegiatan Nikah Bareng Merah Putih akan digelar pada 3 - 14 Agustus 2020, selain bertepatan dengan momentum Dirgahayu Indonesia ke-75, kegiatan dalam rangka peringatan HUT Fortais Sewon ke-9.

"Ini akan menjadi pernikahan maraton unik pertama di Indonesia karena akan digelar selama dua pekan dari 3 sampai 14 Agustus 2020 di KUA se-Bantul dan puncak acara akan digelar pada 12 Agustus di Pantai Cemara Sewu dan Gumuk Pasir Bantul, serta ijab unik di KUA Kretek Bantul," katanya.

Untuk itu, pihaknya masih membuka pendaftaran peserta Nikah Bareng Merah Putih hingga 31 Juli 2020 melalui KUA se-Bantul. Dan acara yang terbuka untuk umum itu akan disediakan 75 paket pernikahan gratis berupa mahar/cincin kawin merah putih, rias, busana pengantin, dokumentasi, ijab unik dan lain lain.

"Masyarakat agar segera daftar, tidak perlu memikirkan tentang biaya dan konsep nikah, dan mudah-mudahan pernikahan mendatang menjadi luar biasa dan barokah serta sesuai dengan protokol kesehatan," katanya.

Sementara itu, sebagai bagian dari kegiatan nikah bareng, pada Selasa (28/7) puluhan calon pengantin mengikuti pembekalan tentang Bela Negara dan Adaptasi Kebiasaan Baru yang difasilitasi Fortais Sewon dan Kantor Kementerian Agama Bantul di KUA Kretek.

"Pembekalan ini diharap dapat menciptakan keluarga baru yang berkarakter Indonesia, berjiwa nasionalis dan sakinah dalam rangka mendukung program "Pusaka Sakinah" (Pusat Layanan Keluarga Sakinah) yang menjadi pilar program KUA Kretek," kata Kepala KUA Kretek Mustafied Amna.

Pembekalan yang diadakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 itu diawali dengan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya disusul dengan mengepalkan tangan meneriakkan Dirgahayu RI ke-75 Tahun Merdeka.
 

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar