Heard telah membuktikan dirinya sebagai saksi yang sepenuhnya tidak dapat diandalkan
Jakarta (ANTARA) - Pengacara Johnny Depp, David Sherborne, menyebut Amber Heard sebagai "pembohong kompulsif" sehingga kesaksiannya di pengadilan tidak dapat diandalkan.

Aktor "Pirates of the Caribbean" itu menggugat News Group Newspapers (NGN) dan jurnalis Dan Wootton atas artikel yang ditulis di situs The Sun yang menggambarkannya sebagai "pemukul istri." Depp menyangkal bahwa ia pernah melakukan kekerasan terhadap Heard, yang dinikahinya dari 2015 hingga 2017.

Sherborne mengatakan NGN mengandalkan bukti dari Heard, yang dianggapnya sebagai seorang individu yang "kompleks".

"Kami mengatakan dari poin besar bahkan ke poin yang lebih kecil, Heard telah membuktikan dirinya sebagai saksi yang sepenuhnya tidak dapat diandalkan dan, terus terang, pembohong yang kompulsif dan saya tidak mengatakannya hal ini dengan mudah," ujar Sherborne dilansir Variety, Rabu.

Menanggapi tuduhan kekerasan dalam rumah tangga terhadap kliennya, Sherborne merujuk pada rekaman audio yang diputar untuk pengadilan dan mengatakan bahwa Heard membuat tuduhan yang meragukan dan ambigu.

Baca juga: Amber Heard bilang dia cinta Johnny Depp saat tak dipengaruhi obat

Baca juga: Winona Ryder & Vanessa Paradis bersaksi Johnny Depp bukan tukang pukul


"Kekerasan fisik yang dilakukan Heard terhadap Depp, kekerasan fisik yang mulai diakuinya, menjadikan Heard sebagai pelaku kekerasan rumah tangga bukan Depp," kata Sherborne.

Sherborne juga menyebut artikel asli yang ada di The Sun sebagai tindakan kesengajaan dan hanya berdasarkan keterangan satu pihak.

Argumen kedua pihak diajukan ke hadapan Hakim Andrew Nicol, dan ia akan memberikan penilaian awal pada akhir September.

Hasil dari kasus ini kemungkinan akan berdampak pada kasus lain di Amerika Serikat, di mana Depp telah menuntut Heard sebesar 50 juta dolar Amerika atas sebuah tulisan di The Washington Post, di mana ia mengaku sebagai seseorang yang selamat dari kekerasan domestik. Nama Depp sendiri tidak disebutkan dalam bagian tersebut.

Sebelum persidangan, Depp tiba di pengadilan untuk menerima dukungan dari sebagian besar penggemar wanita. Ketika sidang ditutup, Heard berjalan keluar dan menyampaikan pernyataan.

"Sangat menyakitkan untuk mengingat kembali perpisahan hubungan saya, untuk mempertanyakan motif dan kebenaran saya, dan detail paling intim dan traumatis dalam hidup saya bersama Johnny yang dibagi di pengadilan dan disiarkan ke seluruh dunia," kata Heard.

"Saya di sini untuk mendukung kesaksian saya dan sekarang saya menempatkan keyakinan saya pada keadilan di Inggris," ujar bintang "Aquaman" itu melanjutkan.

Baca juga: Johnny Depp adalah misoginis kasar, kata pengacara di persidangan

Baca juga: Pengacara sebut Johnny Depp tukang pukul istri saat mabuk

Baca juga: Daftar testimoni Amber Heard versus Johnny Depp di persidangan

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020