Kinerja keuangan semester pertama tahun 2020 juga menunjukkan bahwa perseroan dalam kondisi sehat dengan likuiditas yang terjaga sehingga dapat mempertahankan "going concern" perseroan," .
Jakarta (ANTARA) - PT Sentral Mitra Informatika Tbk mencatatkan pertumbuhan pendapatan 30 persen menjadi Rp62,8 miliar pada semester I 2020 dari dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar  Rp48,3 miliar.

Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan PT Sentral Mitra Informatika Tbk Teddy Pohan mengatakan peningkatan kinerja perseroan tersebut tidak lepas dari peran strategi otomasi dan efisiensi sistem operasi yang dilakukan sepanjang 2020.

"Kinerja keuangan semester pertama tahun 2020 juga menunjukkan bahwa perseroan dalam kondisi sehat dengan likuiditas yang terjaga sehingga dapat mempertahankan "going concern" perseroan," ujar Teddy dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Perusahaan perkebunan Pinago Utama siap melantai di bursa

Teddy menambahkan laba bersih perusahaan berkode emiten LUCK itu juga naik sebesar 12 persen yang semula sebesar Rp 3,7 milliar per Juni tahun lalu menjadi Rp 4,2 milliar. Selain itu, arus kas dari operasional perusahaan juga dalam kondisi positif.

"Perseroan mampu membiayai operasional tanpa harus mendapatkan utang dari pihak ketiga. Current ratio berada pada posisi 400 persen sehingga perseroan sangat likuid dan prudent dalam mengelola keuangan," ujar Teddy.

Meski pun baru tercatat di bursa pada November 2018 lalu, lanjut Teddy, perseroan telah membagikan deviden pada tahun buku fiskal yang pertama sejak IPO, yakni sebesar Rp5 per lembar saham. Oleh karena itu, perseroan termasuk salah satu 15 emiten dari total 112 Emiten yang IPO sejak 2018 hingga 2019 yang membagikan deviden.

Ia menuturkan pada saat IPO dua tahun lalu, ekuitas perseroan sebesar Rp72,59 miliar dan posisi per Juni 2020, setelah pembagian dividen, kekayaan bersih pemegang saham meningkat 1,85 kali dalam kurun waktu 2 tahun menjadi Rp134,66 miliar.

Baca juga: IHSG melemah ikuti koreksi bursa saham global

Teddy optimistis terhadap prospek kinerja perseroan pada sisa tahun 2020, yang terlihat dari kinerja penjualan dan laba bersih yang sudah didapatkan sampai semester pertama tahun ini.

"Perseroan akan melakukan "continuous improvement" melalui otomasi dan efisiensi sistem operasi dalam beradaptasi dengan lingkungan bisnis pada masa pandemi COVID-19 saat ini, sehingga setelah pandemi ini berakhir, kinerja Perseroan akan menjadi lebih baik," kata Teddy.

PT Sentral Mitra Informatika Tbk didirikan dan mulai beroperasi pada 2008. Perseroan bergerak di bidang teknologi informasi dan manajemen jasa solusi. Perseroan juga berafiliasi dengan Serial System Pte, LTD.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020