BPBD: 15.384 warga Aceh Barat terdampak banjir, sebagian mengungsi

BPBD: 15.384 warga Aceh Barat terdampak banjir, sebagian mengungsi

Sejumlah anak-anak mandi di dalam genangan banjir di halaman rumah di Desa Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Rabu (29/7/2020) sore. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Meulaboh (ANTARA) - Sebanyak 15.384 jiwa atau 4.588 kepala keluarga (KK) yang tersebar di sepuluh kecamatan di Kabupaten Aceh Barat hingga Selasa sore masih terdampak banjir dan sebagian di antaranya telah mengungsi.

“Data 15.384 jiwa ini merupakan data sementara, kami memprediksikan jumlah warga yang terdampak banjir di Aceh Barat kemungkinan besar akan terus bertambah,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, Dr H Mukhtaruddin Msi di Meulaboh, Rabu sore.

Ada pun jumlah desa yang terdampak banjir hingga Rabu sore diantaranya Kecamatan Pante Ceureumen dengan jumlah korban terdampak mencapai 924 jiwa (172 KK), Kecamatan Kaway XVI tersebar di 29 desa dengan jumlah korban terdampak sebanyak 4.313 jiwa (1772 KK).

Baca juga: 3.985 jiwa terdampak banjir yang menimpa 17 desa di Aceh Selatan
Baca juga: Ribuan rumah di 38 desa di Aceh Barat terendam banjir


Kemudian di Kecamatan Woyla Timur meliputi 10 desa dengan jumlah korban banjir sebanyak 600 jiwa atau 283 kepala keluarga. Kecamatan Arongan Lambalek meliputi 14 desa dengan jumlah korban banjir sebanyak 2.526 jiwa atau 756 KK, Kecamatan Woyla Barat sebanyak 10 desa dengan jumlah korban banjir sebanyak 1.710 jiwa atau 628 KK.
Sejumlah warga dan anak-anak korban banjir mengungsi di sekitar stadion Desa Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Rabu (29/7/2020) sore. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)


Banjir juga menyebabkan 1.811 jiwa atau 481 kepala keluarga terdampak di Kecamatan Meureubo, Aceh Barat meliputi enam desa, kemudian di Kecamatan Johan Pahlawan juga menyebabkan 1.500 jiwa atau 496 KK terdampak banjir.

Sementara di Kecamatan Bubon, Aceh Barat, kata Mukhtaruddin, sejauh ini masih dilakukan pendataan dengan desa terdampak sebanyak 17 desa.

Sedangkan di Kecamatan Woyla banjir juga merendam 375 desa dan di Kecamatan Sungai Mas, hujan juga menyebabkan longsor di tiga desa.

“Untuk bantuan logistik sejauh ini masih terus disalurkan oleh Pemkab Aceh Barat yang dipimpin oleh Bupati Ramli MS dan disaksikan Kapolres Aceh Barat, AKBP Andrianto Argamuda,” kata Muktharuddin.

Pihaknya juga memprediksikan jumlah masyarakat yang mengungsi dan terdampak banjir di Aceh Barat diperkirakan akan terus bertambah, katanya.

Baca juga: Sebanyak 1.119 kepala keluarga di Aceh Jaya terdampak luapan banjir
Baca juga: Banjir setinggi satu meter terjang enam desa di Aceh Selatan
Baca juga: Banjir rob rusak puluhan rumah warga di Meulaboh Aceh Barat

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden ajak ulama Aceh jaga persatuan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar