Kemarin, UMKM terhubung online hingga peluncuran penjaminan korporasi

Kemarin, UMKM terhubung online hingga peluncuran penjaminan korporasi

Tangkapan layar - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan Nota Kesepahaman untuk Program Penjaminan Pemerintah Kepada Korporasi Padat Karya Dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional Rabu, 29/7/2020). ANTARA/Tangkapan layar Youtube Kementerian Keuangan RI/pri.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi menghiasi pemberitaan sektor perekonomian kemarin, mulai dari Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berharap mahasiswa dan akademisi dapat turut serta membantu para pelaku UMKM untuk terhubung ke marketplace online hingga peluncuran penjaminan korporasi.

 

Teten berharap mahasiswa bantu UMKM terhubung ke marketplace

 

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berharap mahasiswa dan akademisi dapat turut serta membantu para pelaku UMKM untuk terhubung ke marketplace online.

 

“Kami harap mahasiswa bisa membantu bagaimana UMKM terhubung ke marketplace online,” kata MenkopUKM Teten Masduki saat menjadi pembicara kunci dalam acara Pengabdian Masyarakat Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan topik ”Pemberdayaan UMKM dalam Menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru atau New Normal" secara daring yang dipantau di Jakarta, Rabu

 

Kimia Farma siap distribusikan vaksin COVID-19 produksi Bio Farma

 

PT Kimia Farma Tbk siap untuk melakukan distribusi vaksin Covid-19 yang akan diproduksi oleh Bio Farma sebagai Holding BUMN Farmasi.

 

"Pada intinya baik Kimia Farma maupun Indofarma siap untuk melakukan distribusi (vaksin) tersebut," ujar Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo dalam Public Expose di Jakarta, Rabu.

 

Kemendag: Revitalisasi pasar mampu dongkrak omzet hingga 100 persen

 

Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto menyebutkan bahwa berdasarkan evaluasi, program revitalisasi pasar rakyat mampu meningkatkan omzet pedagang hingga 100 persen.

 

"Kami melakukan evaluasi terhadap pasar-pasar, setelah revitalisasi, ada peningkatan omzet di atas 20 persen. Bahkan, ada yang sampai 100 persen dibandingkan sebelum revitalisasi," kata Suhanto saat konferensi pers secara virtual, Rabu.

 

Luhut ingatkan Pertamina - PLN soal penggunaan komponen lokal

 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan selaku Ketua Umum Timnas Penguatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) mengingatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Pertamina dan PLN soal penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

 

"Presiden sudah memerintahkan kita, bahwa APBN dan stimulus terkait pandemi COVID-19, seluruhnya menggunakan produk dalam negeri. Saya akan meminta kepada Presiden agar dapat dibuat ratas mengenai hal ini, jadi kita tahu di mana kelemahan selama ini. Ini saya minta agar diperhatikan secara sungguh-sungguh, jadi apabila tidak ada yang melaksanakan TKDN ini, agar bisa diganti saja," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

 

Pulihkan ekonomi, pemerintah hari ini luncurkan penjaminan korporasi

 

Pemerintah segera meluncurkan program penjaminan kredit modal kerja bagi pelaku usaha korporasi untuk mendukung percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan target realisasi kredit modal kerja yang dikucurkan mencapai Rp100 triliun hingga 2021.

 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dijadwalkan memimpin dan sekaligus menyaksikan peluncuran itu yang ditandai dengan penandantanganan kerja sama dan nota kesepahaman untuk penjaminan pemerintah kepada korporasi padat karya di Jakarta, Rabu.

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dukung PEN korporasi, pemerintah sepakati penyediaan fasilitas penjaminan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar