masyarakat secara garis besar sudah menaati protokol kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo meninjau Stasiun Juanda, Jakarta Pusat dalam rangka memantau penerapan protokol kesehatan yang juga termasuk bagian dari Operasi Patuh Jaya 2020.

Hasilnya didapatkan masyarakat secara garis besar sudah menaati protokol kesehatan.

"Sudah luar biasa upaya-upaya (pencegahan COVID-19) yang dilakukan baik oleh pihak stasiun maupun satgas COVID-19 dalam melaksanakan tugasnya. Ini juga dibantu pengamanannya oleh TNI- Polri, saya kira ini sudah berjalan cukup baik," ujar Sambodo ditemui di Stasiun Juanda, Kamis.

Baca juga: Jumlah penumpang meningkat, antrean KRL di Stasiun Bogor makin panjang

Sambodo mencontohkan penerapan protokol kesehatan yang baik tercermin dari berkurangnya penumpukan penumpang yang berdesak-desakan dalam satu waktu.

Kebijakan dari Satgas COVID-19 terkait shifting atau pembagian waktu kerja pun membantu pihak stasiun untuk mengurai antrean di jam kedatangan maupun kepulangan para karyawan yang bekerja di sekitar Stasiun Juanda.

Pembagian waktu kerja itu dicontohkan Sambodo seperti jam masuk kantor yang dibagi ke dalam dua waktu yaitu pukul 07.00 WIB dan 09.00 WIB serta pembagian waktu pulang yaitu pukul 15.00 WIB dan 18.00 WIB.

Baca juga: KCI wajibkan KRL dikosongkan di stasiun akhir, ini penyebabnya

"Penumpang tidak lagi bertumpuk pada satu waktu, pulangnya pun tidak bertumpuk pada satu waktu. Jadi mereka tersebar. Sehingga yang awalnya antreannya dari atas bagian peron bisa sampai sini (bagian luar Stasiun Juanda), sekarang begitu antre di bawah, kereta datang, (penumpang) naik (antrean) langsung habis, jadi tidak terjadi antrean panjang," kata Sambodo.
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo bersama Kepala Stasiun Juanda Toto sedang melihat penerapan jaga jarak ketika meninjau penerapan protokol kesehatan COVID-19 di Stasiun Juanda, Kamis (30/7/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Dalam peninjauannya selain melihat tanda batas yang digunakan dalam physical distancing , Sambodo juga membagi-bagikan masker kepada para pengemudi ojek pangkalan yang berada di Stasiun Juanda.

Baca juga: Antisipasi lonjakan penumpang, KCI bantu pengguna KRL hindari antrean

"Ayo jaga jarak, jangan lupa jaga jarak," imbau Sambodo saat membagikan masker kepada para supir ojek pangkalan itu.

Ia pun kembali melakukan tinjauan lebih lanjut ke Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Pulogebang untuk memantau situasi terkait pemudik di sehari sebelum perayaan Idul Adha 1441H.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020