Jakarta (ANTARA) - OLX Autos sebuah platform jual beli yang berfokus terhadap penjualan kendaraan mobil bekas (mobkas) optimis bahwa pasar kendaraan mobil bekas akan pulih dalam waktu tiga bulan ke depan.

"Kami optimis bahwa pasar penjualan kendaraan bekas akan pulih di tiga bulan ke depan," ungkap CEO OLX Autos Indonesia, Johnny Widodo dalam sebuah diskusi online, Kamis.

Serangkaian optimis yang disampaikan oleh Jhonny itu berdasarkan survei yang sudah mereka lakukan bahwa masyarakat akan akan lebih banyak membeli mobil bekas ketimbang mobil baru.

"Survei yang kami lakukan itu, kebanyakan orang akan membeli mobil bekas. Karena, ke depannya mereka akan menyimpan cashflownya dia, tapi secara logika akan tetap ada orang yang ingin membeli mobil baru juga," kata dia.

Baca juga: OLX Autos tawarkan opsi jual mobil online secara instan

Baca juga: Proton perluas jaringan penjualan mobil bekas


Pemulihan pasar kendaraan bekas juga terjadi karena adanya perubahan pola pikir yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan, karena adanya pandemi maka masyarakat akan lebih senang dengan menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan dengan kendaraan umum.

"Pemulihan pasar itu terjadi berdasarkan dari pada saat ini dana untuk pembelian mobil hanya tertunda bukan hilang, konsumen juga banyak yang beralih ke kendaraan pribadi lalu yang ketiga itu dan kebanyakan konsumen itu akan memilih kendaraan bekas," jelas dia.

Jika dilihat pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, penjualan kendaraan bekas memiliki tren yang cukup positif dibandingkan dengan beberapa bulan yang sangat tidak baik posisinya.

"Jadi, kalau misalnya kita bicara tren mobil bekas itu sudah sangat membaik. Saya berani ngomong begini itu karena kita bisa melihat bagaimana perubahan dari penjualan dan pembelian mobil bekas yah," kata dia.

Animo masyarakat untuk menjual dan membeli kendaraan mobil bekas juga sudah terbilang cukup stabil, berdasarkan pantauan dari OLX Autos saat ini kenaikan sudah mencapai 80 hingga 90 persen.

"Animo masyarakat untuk menjual dan membeli, kalau kita lihat dari sisi market place sudah sangat dekat dengan masa sebelum COVID-19. Kalau kita lihat itu sudah di kisaran 80-90 persen," papar dia.

Sebagaimana diketahui bersama, OLX Autos adalah rebranding dari BeliMobilGue.co.id (BMG) untuk mengukuhkan posisinya sebagai bagian dari OLX Indonesia. Perubahan ini untuk membentuk komitmen yang kuat untuk dapat terus melayani pelanggan yang lebih baik ke depannya.

Baca juga: Beli mobil saat pandemi? Ini hal-hal yang harus diperhatikan

Baca juga: Bagaimana peran diler di tengah marketplace dan car listing online?

Baca juga: Beli mobil bekas secara "online", apa plus-minusnya?
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020