Kapal hilang kontak ditemukan sedang lego jangkar di Tanjung Mor

Kapal hilang kontak ditemukan sedang lego jangkar di Tanjung Mor

Empat awak KM Kemilau Kencana Mimika dievakuasi oleh tim SAR menuju Agats, Asmat, Kamis (30/7/2020) (ANTARA/Humas SAR Timika)

seluruh awak KM Kemilau Kencana Mimika dalam keadaan selamat
Timika (ANTARA) - Kapal Motor Kemilau Kencana Mimika yang dilaporkan hilang kontak dalam pelayaran dari Pelabuhan Pomako Timika menuju Agats sejak Sabtu (25/7) telah ditemukan sedang lego jangkar di Tanjung Mor, Kabupaten Asmat, Kamis.

Kepala Kantor SAR Timika Monce Brury, Kamis, mengatakan pada Kamis pagi personel rescue SAR Timika yang hendak berangkat melakukan pencarian kapal hilang kontak tersebut menerima laporan dari agen kapal bernama David yang telah melakukan kontak dengan salah satu ABK KM Kemilau Kencana Mimika.

"Bapak David ini melaporkan sudah menghubungi salah satu ABK kapal. Pengakuan ABK kapal, KM Kemilau Kencana Mimika sedang lego jangkar di Tanjung Mor Kabupaten Asmat," jelas Monce,

Berdasarkan informasi tersebut, personel rescue SAR dari Kantor SAR Timika tidak jadi diberangkatkan ke lokasi karena jaraknya sangat jauh.

Kepala Kantor SAR Timika Monce Brury selanjutnya memerintahkan personel dari Pos SAR Agats Asmat untuk berangkat menuju lokasi bersama agen kapal.

Baca juga: Kapal MV Nur Allya hilang kontak di perairan Halmahera

Baca juga: Sebuah kapal hilang kontak di perairan Manokwari Selatan


"Tim berangkat dari Agats sekitar pukul 09.45 WIT menuju Tanjung Mor dengan jarak kurang lebih 16 notical mile dari Agats, ibu kota Kabupaten Asmat," ujar Monce.

Di lokasi itu, tim menemukan KM Kemilau Kencana Mimika sedang lego jangkar.

Empat ABK kapal terdiri atas Alfred Bawoel selaku Nahkoda, Jhon selaku KKM, Nus dan Herman masing-masing sebagai Kelasi ditemukan dalam kondisi sehat dan selamat, ujarnya.

Namun kondisi kapal mengalami kerusakan sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan menuju Agats.

"Dengan ditemukannya seluruh awak KM Kemilau Kencana Mimika dalam keadaan selamat maka operasi SAR dinyatakan selesai," katanya.

Selama dua hari pencarian, tim yang terlibat dalam operasi SAR tersebut selain personel Basarnas dari Pos SAR Agats, juga dibantu oleh personel TNI AL Pos Asmat dan personel Polairud Polres Asmat.

Baca juga: Ditemukan fiber diduga milik KM Gemilang 717 yang hilang kontak

Baca juga: ABK dua kapal ditemukan selamat setelah hilang kontak

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dua WNI asal Ternate hilang kontak sejak Desember 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar