semua pihak untuk menggunakan daun jati, daun waru, atau daun lainnya yang diikat menggunakan tali bambu sebagai pembungkus daging kurban, agar ramah lingkungan
Purwakarta (ANTARA) - Warga diajak untuk menggunakan daun sebagai pembungkus daging kurban yang dibagi-bagikan ke masyarakat pada Idul Adha 1441 Hijriah, kata Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi.

"Ini momentum kita untuk ikut menyelamatkan alam dan lingkungan dengan tidak menggunakan kantong plastik," katanya dalam sambungan telepon yang diterima di Karawang, Jumat.

Ia mengatakan ada sejumlah jenis dedaunan yang bisa menggantikan penggunaan kantong plastik sebagai sebagai pembungkus daging kurban, di antaranya daun jati dan waru.

Dia mengatakan selama ini banyak masyarakat yang menggunakan kantong plastik sebagai pembungkus daging kurban. Padahal sampah plastik merusak lingkungan.

"Untuk itu saya mengajak kepada semua pihak untuk menggunakan daun jati, daun waru, atau daun lainnya yang diikat menggunakan tali bambu sebagai pembungkus daging kurban, agar ramah lingkungan," kata Dedi.

Mantan Bupati Purwakarta itu, menyampaikan hal tersebut karena di DPR dirinya menjabat Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang membidangi lingkungan hidup.

Selain bisa menyelamatkan lingkungan, lanjut Dedi, penggunaan daun-daunan untuk membungkus daging kurban juga sebagai cara memanfaatkan potensi alam.

Baca juga: Muba larang penggunaan kantong plastik untuk daging kurban
Baca juga: Istiqlal distribusikan daging kurban ke rumah warga cegah COVID-19
Baca juga: Pemkot Jaksel salurkan 24 ribu bongsang ke 10 kecamatan

 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020