Fakta nutrisi di balik daging kambing

Fakta nutrisi di balik daging kambing

Ilustrasi satai kambing (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Hidangan berbahan dasar daging kambing semisal satai dan gulai begitu identik dengan Hari Raya Idul Adha dan sebagian orang menyukainya.

Ketimbang jenis daging lainnya, daging kambing memiliki kalori, lemak dan kolesterolnya yang lebih rendah. Laman Livestrong mencatat, tiga ons daging kambing memiliki 122 kalori, atau lebih sedikit dari daging sapi yang kalorinya 179 dan ayam dengan 162 kalori.

Kandungan lemak daging kambing jauh lebih rendah dari jenis daging lainnya. Sebanyak tiga ons daging mengandung 2,6 gram lemak atau sekitar sepertiga dari daging sapi yakni 7,9 gram dan sekitar setengah dari ayam yakni 6,3 gram.

Satu porsi daging kambing mewakili 4 persen dari nilai total lemak harian Anda, berdasarkan diet 2.000 kalori.

Bagaimana dengan lemak jenuhnya?

The Harvard School of Public Health merekomendasikan Anda menghindari daging merah akarena tinggi lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan berkontribusi pada penyakit jantung.

Tetapi pada daging kambing, total lemaknya sekitar 0,79 gram per sajian, sehingga ini bisa menjadi alternatif yang menyehatkan jantung daripada daging sapi dan ayam. Dua jenis daging yang disebutkan terakhir itu masing-masing mengandung 3 gram dan 1,7 gram lemak jenuh.

Satu porsi daging kambing mengandung sekitar 4 persen dari nilai harian Anda. Sementara rekomendasi pakar kesehatan ialah kurang dari 20 gram lemak jenuh setiap hari.

Bagaimana dengan kolesterol dan zat besi?

Jika Anda memperhatikan kadar kolesterol, daging kambing bisa menjadi alternatif yang bergizi ketimbang jenis daging lainnya. Tiga ons daging kambing mengandung 63,8 miligram kolesterol, jauh lebih sedikit daripada daging sapi yakni 73,1 miligram dan ayam dengan 76 miligram kolesterol per porsi.

Konsumsi daging kambing tidak akan menyebabkan Anda mengorbankan komponen darah yang penting yakni zat besi. Daging kambing mengandung 3,2 miligram zat besi per porsi, lebih tinggi dari daging sapi dengan 2,9 miligram dan ayam yakni 1,5 miligram.

Lalu, jumlah proteinnya?

Daging hewan sumber protein lengkap yang mengandung delapan asam amino. Protein dalam daging kambing yakni 23 gram per sajian sebanding dengan 25 gram dalam sajian daging sapi dan ayam, artinya Anda tidak perlu mengorbankan sumber protein utama. Faktanya, 3 ons daging kambing memenuhi 46 persen nilai protein harian kebanyakan orang.


Baca juga: Benarkah merebus daging kambing kurban bisa enyahkan aroma prengus?

Baca juga: Kiat mengolah daging kambing agar tidak perengus

Baca juga: Benarkan daging kambing pemicu tekanan darah naik?

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar