New York (ANTARA) - Dokumen-dokumen terkait urusan antara Ghislaine Maxwell dan Jeffrey Epstein dirilis ke publik pada Kamis oleh pengadilan Amerika Serikat, di mana sosialita asal Inggris itu menghadapi tuntutan kriminal yang mengatakan dia membantu almarhum ahli keuangan itu dalam kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak perempuan.

Dalam material-material yang dirilis terdapat korespondensi melalui e-mail antara keduanya pada awal 2015, termasuk di mana Epstein mengatakan bahwa Maxwell "tidak melakukan kesalahan apapun".

Hakim Distrik di AS, Loretta Preska, telah memerintahkan rilis dokumen pada hari Kamis, mengatakan hak publik untuk melihatnya melebihi kepentingan Maxwell dalam membiarkan dokumen itu tertutup.

Namun, dua deposisi tetap disegel setelah Maxwell mengajukan mosi darurat ke pengadilan banding federal di Manhattan pada Kamis pagi untuk mencegah dokumen-dokumen menjadi ruang publik.

Pengadilan belum membuat keputusan, dan deposisi akan tetap disegel sampai setidaknya Senin.

Pengacara Maxwell mengatakan bahwa dalam salah satu deposisi, yang diajukan pada April 2016, Maxwell ditanyai pertanyaan "yang mengganggu" tentang kehidupan seksualnya, dan keluarnya informasi itu dapat membuat peradilan yang adil menjadi "sulit, bahkan tidak mungkin".

Yang kedua adalah deposisi oleh penuduh Epstein yang tidak disebutkan namanya.

Pengacara Maxwell tidak serta-merta menanggapi permintaan komentar setelah dokumen dibuka.

Kumpulan dokumen yang dirilis pada hari Kamis dan deposisi yang masih tersembunyi adalah bagian dari gugatan pencemaran nama baik perdata 2015 terhadap Maxwell oleh Virginia Giuffre, yang mengatakan ia masih di bawah umur ketika Epstein mempertahankannya sebagai "budak seks" dengan bantuan Maxwell.

Pengacara Giuffre tidak menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Maxwell (58) mengaku tidak bersalah dalam tuduhan membantu Epstein merekrut dan akhirnya melecehkan tiga gadis mulai 1994 hingga 1997, dan melakukan sumpah palsu dengan menyangkal keterlibatannya di bawah sumpah.

Dia ditangkap pada 2 Juli di sebuah rumah di New Hampshire, di mana jaksa mengatakan dia bersembunyi.

Maxwell telah ditahan di penjara Brooklyn setelah seorang hakim menolak jaminan atas dirinya, menyebut dia berisiko kabur. Pengadilan kriminal atas Maxwell dijadwalkan pada Juli tahun depan.

Epstein ditemukan meninggal dunia akibat gantung diri pada usia 66 Agustus lalu di penjara Manhattan, saat dalam masa menunggu persidangan atas tuduhan perdagangan seks dengan menyalahgunakan wanita dan gadis di Manhattan dan Florida dari tahun 2002 hingga 2005. Dia juga mengaku tidak bersalah.

KORESPONDENSI

Sembari menunggu naik banding oleh Maxwell, Preska telah memerintahkan pembebasan lebih dari 80 dokumen, termasuk catatan penerbangan dari jet pribadi Epstein; dan laporan polisi dari Palm Beach, Florida, tempat di mana Epstein punya rumah.

Di antara materi yang dirilis pada hari Kamis adalah email Januari 2015 antara Epstein dan Maxwell, yang masing-masing diidentifikasi sebagai "jeffrey E" dan "Gmax" atau "G Maxwell."

"Anda tidak melakukan kesalahan apa pun dan saya mendesak Anda untuk mulai bertindak sebagaimana mestinya," tulis Epstein pada 25 Januari 2015. "Pergilah ke luar, dengan kepala tegak, bukan sebagai narapidana yang kabur. Pergilah ke pesta. hadapi itu."

Epstein mengirim email itu sehari setelah Maxwell mengatakan dia akan menghargai jika wanita lain, yang diidentifikasi dengan satu nama saja, "akan keluar dan mengatakan dia adalah pacarmu - saya pikir dia dari akhir 99 hingga 2002."

Pengacara Maxwell telah berusaha untuk menjauhkan klien mereka dari Epstein dalam upaya gagal mereka untuk memenangkan jaminan.

Dalam permintaan jaminan 10 Juli, para pengacara mengatakan media telah mengalihkan fokus mereka ke Maxwell setelah kematian Epstein, "dengan salah mencoba menggantikan Epstein dengannya - meskipun dia tidak memiliki kontak dengan Epstein selama lebih dari satu dekade," tidak pernah didakwa dengan kejahatan sebelumnya atau dinyatakan bertanggung jawab dalam litigasi sipil, dan selalu membantah tuduhan pelanggaran.

Materi yang tidak disegel lainnya termasuk email dari Giuffre ke Biro Investigasi Federal pada tahun 2014, termasuk ketika dia menyatakan minatnya pada FBI untuk mengejar kasus terhadap Epstein dan membuktikan "berapa banyak pedofilia yang terjadi akibat Jeffrey dan banyak monster lain yang dia bantu terkait gadis di bawah umur."

Sumber: Reuters
​​​​​​​Baca juga: Tulang leher jenazah Jeffrey Epstein dilaporkan patah
Baca juga: Dituduh terlibat skandal Epstein, Chrissy Teigen hapus 60 ribu tweet

Penerjemah: Aria Cindyara
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020