Kemarin, puncak kemarau hingga penyaluran daging kurban

Kemarin, puncak kemarau hingga penyaluran daging kurban

Petugas BMKG mencatat angka yang ditunjukkan alat Automatic Solar Radiation Station (ASRS) di Stasiun Klimatologi-Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG), Karangploso, Malang, Jawa Timur, Selasa (7/7/2020). BMKG memprediksi puncak kemarau tahun 2020 akan terjadi di bulan Agustus- September dan cenderung basah dengan intensitas hujan 0-55 milimeter. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.

program kurban lembaga amil zakat bisa menjadi solusi efektif bagi para pengkurban
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora kemarin menjadi perhatian banyak pembaca mulai dari puncak kemarau di Selatan Indonesia hingga penyaluran daging hewan kurban sejumlah lembaga.

Berikut berita kemarin yang banyak mendapat perhatian pembaca:


1. Indonesia bagian Selatan diperkirakan alami puncak kemarau

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Indonesia bagian Selatan akan segera memasuki periode puncak kemarau.

Melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (31/7), BMKG menyebut potensi puncak kemarau di Indonesia Selatan itu dipengaruhi penguatan angin Monsun Australia yang mengalirkan massa udara dingin dan kering dari Benua Australia menuju Asia melewati Samudera Indonesia dan wilayah benua maritim Indonesia.


2. Indocement bantu 12 desa di Bogor hewan kurban

PT Indocement Tunggal Prakarsa, produsen semen "Tiga Roda", menyalurkan bantuan hewan kurban berupa 29 ekor sapi dan tiga ekor kambing kepada 12 desa mitra di sekitar Pabrik Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Puluhan ekor sapi dan kambing kurban itu didistribusikan ke 12 desa mitra Indocement melalui Masjid As-Salam Indocement Citeureup," kata Direktur Indocement, Antonius Marcos dalam penjelasan di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jumat (31/7).


3. Dubes Wahid terima penghargaan Dewan Mufti Rusia

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus M Wahid Supriyadi mendapat penghargaan Medal of Muslims of Russia "For Services" dari Dewan Mufti Rusia, tiga bulan menjelang akhir masa tugasnya sebagai duta besar.

Menurut Sekretaris Pertama Penerangan Sosial dan Budaya Kedutaan Besar Republik Indonesia Moskow Enjay Diana, penghargaan tersebut diberikan langsung Wakil Ketua Dewan Mufti Rusia Rushan Abbyasov di Kantor Dewan Mufti Rusia, Rabu (29/7).


4. KBRI Warsawa gelar shalat Idul Adha terbatas

Warsawa di Polandia menyelenggarakan shalat Idul Adha 1441 H secara terbatas bagi staf dan keluarga pada Jumat (31/7), dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19, yaitu menjaga jarak aman dan tidak melakukan acara halal bil halal untuk masyarakat.

"Sebanyak 150 paket makanan Lebaran juga didistribusikan kepada Perhimpunan Pelajar Indonesia​ (​​​PPI) yang tinggal di sekitar Warsawa," kata Kepala Fungsi Ekonomi Kedutaan Besar Republik Indonesia Warsawa Taufiq Lamsuhur dalam pernyataan yang disampaikan kepada ANTARA di London, Inggris, Jumat (31/7) 2020.


5. Baitulmaal Muamalat salurkan kurban ke warga terdampak bencana

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Muamalat melaksanakan pemotongan hewan kurban serta menyalurkan kepada warga di 13 provinsi termasuk DKI Jakarta dengan prioritas mereka yang terdampak bencana alam.

"Ketika banyak masjid yang tidak membentuk panitia kurban, maka program kurban yang dilaksanakan semua lembaga amil zakat bisa menjadi solusi efektif bagi para pengkurban dalam melaksanakan ibadah kurban dan semakin memperluas para penerima manfaat," kata Direktur Eksekutif Baitulmaal Muamalat Teten Kustiawan di Jakarta, Jumat (31/7).


Baca juga: BMKG prakirakan kemarau di Jateng selatan berlangsung hingga September

Baca juga: BMKG: Empat kabupaten berstatus Awas kekeringan meteorologis

Baca juga: Menko PMK: Protokol kesehatan wujud pengorbanan melawan COVID-19


 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden minta para menteri kelola pangan pada musim kemarau

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar