Pangkalpinang (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan AIDS (KPA) Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), membagikan ribuan kondom gratis di lokalisasi Teluk Bayur untuk mencegah penyebaran virus HIV/AIDS di kota itu.

"Memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember, KPA Kota Pangkalpinang membagikan sekitar 10 ribu kondom gratis untuk pria, wanita dan waria di lokalisasi Teluk Bayur pada Rabu (2/12)," kata Pengelola Administrasi KPA Kota Pangkalpinang Syahrul Siam di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan selain membagikan kondom gratis kepada 500 wanita pekerja seks komersial (PSK) dan warga yang mengunjungi lokalisasi serta waria di lokalisasi itu, KPA juga melakukan penyuluhan dan membagikan stiker, brosur tentang bahaya penyakit HIV/AIDS.

Selain itu, KPA melakukan pemeriksaan darah dan kesehatan kepada penghuni lokalisasi untuk menghindari infeksi menular seksual) atau penyakit menular seksual serta mencegah HIV/AIDS.

"Kegiatan bagi-bagi kondom gratis dan stiker disambut antusias oleh penghuni lokalisasi dan pengunjung lokalisasi tersebut, terbukti kondom habis dibagikan di lokalisasi tersebut," ujarnya.

Menurut dia, bahaya penyakit AIDS sudah banyak diketahui para PSK sehingga mereka dianggap sudah paham tentang fungsi kondom ini.

"Mudah-mudahan mereka terus menggunakannya dalam kegiatan mereka. Kami hanya memberi pemahaman kepada mereka. Untuk selanjutnya tinggal mereka yang mengatur dengan konsumen," katanya.

Sementara, MY (29), salah seorang PSK di Teluk Bayur mengaku dirinya selalu menganjurkan tamunya menggunakan kondom.

"Saya selalu meminta tamu menggunakan kondom. Apalagi ini merupakan daerah wajib kondom," ujarnya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009