Kasetpres: Pelantikan Gubernur Kepri terapkan ketat protokol kesehatan

Kasetpres: Pelantikan Gubernur Kepri terapkan ketat protokol kesehatan

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/aa.

Gubernur Kepri, keluarga dan pejabat terkait pada saat hadir dilakukan tes swab di Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan pelantikan Isdianto sebagai Gubernur Kepulauan Riau sisa masa jabatan 2016-2021 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta pada 27 Juli 2020 dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

"Kami sudah melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, yaitu Gubernur Kepulauan Riau, keluarga dan pejabat terkait pada saat hadir dilakukan tes swab di Jakarta," kata Heru di Jakarta, Sabtu.

Hal tersebut disampaikan Heru menyusul informasi Gubernur Kepulauan Riau sisa masa jabatan 2016-2021 Isdianto dipastikan positif COVID-19 pada 31 Juli 2020.

Baca juga: Gubernur Kepulauan Riau tertular COVID-19

Isdianto menjalani tes usap setelah 2 orang pengawal pribadinya dinyatakan positif COVID-19. Salah seorang pengawal pribadi Gubernur Kepri tersebut bahkan sempat demam saat berada di Jakarta, tapi ia tidak masuk ke istana sehingga tidak ikut dites usap saat di Jakarta.

Heru menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan tes usap terlebih dahulu baik kepada pihak yang akan dilantik, keluarganya, maupun pejabat terkait yang hadir secara terbatas pada saat pelantikan.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik Isdianto sebagai Gubernur Kepri

Selama prosesi pelantikan berlangsung, pihak Sekretariat Presiden juga meminimalkan kontak langsung antara Presiden Joko Widodo dan Gubernur Kepulauan Riau yang saat itu akan dilantik.

"Bapak Presiden tidak langsung menyerahkan Keppres (Keputusan Presiden) tetapi sudah disiapkan di satu meja, tidak jauh dari berdirinya Gubernur Kepulauan Riau, dan Gubernur Kepulauan Riau mengambil sendiri berkas itu," tambah Heru.

Selain itu, sejumlah protokol kesehatan lainnya juga diterapkan secara ketat di lingkungan Istana Kepresidenan, utamanya selama prosesi pelantikan berlangsung seperti memakai masker dan jaga jarak.

Baca juga: Gugus Tugas: Gubernur Kepri tertular COVID-19 bukan dari istrinya

Baca juga: Ruang rawat pasien COVID-19 di RSUP Kepri penuh


"Saat pelantikan, kami tidak banyak mengundang para pejabat dan hanya dihadiri oleh keluarga dan pejabat tertentu," tuturnya.

Isdianto dilantik sebagai Gubernur Kepri berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 71/P Tahun 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur Kepulauan Riau Sisa Masa Jabatan Tahun 2016—2021.

Saat pelantikan pada Senin (27/7), Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian serta Isdianto yang masing-masing mengenakan masker sempat melakukan kirab sederhana bersama menuju Istana Negara bersama dengan Paspampres dengan tetap menjaga jarak satu sama lain.

Setelah mengucapkan sumpah, Isdianto pun melakukan foto bersama dan menerima ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker.

Baca juga: 28 orang di Tanjungpinang Kepri terkonfirmasi positif COVID-19

Baca juga: Lima staf protokol Pemprov Kepri tertular COVID-19

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Papua tetapkan Adaptasi Kebiasaan Baru kecuali di Jayapura

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar