Microsoft perlahan hapus Cortana di perangkat mobile

Microsoft perlahan hapus Cortana di perangkat mobile

Asisten virtual Cortana buatan Microsoft. (news.microsoft.com)

Jakarta (ANTARA) - Microsoft mengumumkan mereka akan merombak ulang asisten virtual Cortana, termasuk salah satunya menghapus aplikasi dan dukungan ke perangkat ketiga.

"Kami melakukan perubahan menuju pengalaman asisten bertenaga kecerdasan buatan yang transformasional di Microsoft 365, untuk itu kami perlu menyesuaikan fokus area inovasi dan pengembangan demi memberikan bantuan yang benar-benar diperlukan pelanggan kami," kata Microsoft lewat laman bantuan resmi, dikutip Sabtu.

Mulai 7 September, Microsoft akan mengakhiri dukungan untuk perangkat ketiga yang menggunakan asisten virtual Cortana. Kemudian, pada awal 2021, aplikasi mobile Cortana di iOS dan Android akan dihentikan.

Microsoft beralasan kemampuan Cortana seperti mengatur kalendar dan email bisa dilakukan lewat integrasi Cortana di Outlook versi mobile, Cortana Windows 10 dan aplikasi mobile Teams yang akan diluncurkan belakangan.

Cortana mulai Januari 2021 tidak lagi terintegrasi dengan pengeras suara Harman Kardon Invoke. Sebagai gantinya, Microsoft dan Harman Kardon akan memberlakukan transisi melalui Bluetooth.

Harman Kardon, seperti dikatakan Microsoft, akan mengeluarkan pembaruan firmware secara otomatis ketika speaker Invoke terhubung ke WiFi pada 2021 nanti.

"Begitu Invoke diperbarui, Cortana tidak lagi bisa diakses di perangkat," kata Microsoft.

Microsoft juga akan menghapus Cortana dari Surface Headphones keluaran perdana.


Baca juga: Microsoft matikan aplikasi seluler Cortana awal tahun depan

Baca juga: Tim Microsoft dengarkan suara di Skype

Baca juga: Bos Cortana Microsoft akan mundur akhir tahun

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden berencana buat regulasi terkait data center

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar