Cibubur, Jumat, 4 Desember 2009 (ANTARA) - Menteri Sosial RI, Salim Segaf Al-Jufri menjadi Inspektur pada Apel Nasional TAGANA 2009 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jumat, 4 Desember 2009. Diikuti oleh 3000 Personil TAGANA dari 33 Provinsi, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat eksistensi tagana sebagai pilar dan aktor penanggulangan bencana berbasis masyarakat, memperkokoh komitmen para pemangku kepentingan dalam penanggulangan bencana bidang bantuan sosial, memperkuat komitmen nasional tentang penanggulangan bencana berbasis masyarakat, mempercepat proses integrasi sosial antar masyarakat relawan dengan pemerintah maupun dunia usaha dalam penanggulangan bencana.

Pada kesempatan tersebut juga Menteri Sosial mengukuhkan Moreno Soeprapto dan Marcella Zalianty sebagai Duta TAGANA, karena dianggap merepresentasikan pemuda-pemudi Indonesia yang memiliki semangat dan kepedulian tinggi terhadap bencana yang melanda Indonesia beberapa waktu lalu.

Dirintis pada Tahun 2004, Taruna Siaga Bencana (TAGANA) merupakan perwujudan dari program peningkatan kapasitas masyarakat melalui Penanggulangan Bencana berbasis masyarakat yang dilakukan Departemen Sosial RI, di bawah koordinasi Direktorat Bantuan Sosial Korban Bencana Alam (BSKBA). Tugas TAGANA antara lain melakukan kegiatan penanggulangan bencana bidang bantuan sosial sebagai Fasilitator, Motivator, Dinamisator, Komunikator dan merupakan Agent atau Front Liner dalam Penanggulangan Bencana. Anggota TAGANA direkomendasikan dari berbagai unsur / organisasi yang ada di masyarakat terutama organisasi kepemudaan masyarakat.

Penanggulangan bencana bidang bantuan sosial yang dilakukan Departemen Sosial RI mencakup 3 (tiga) kegiatan pokok yaitu bidang bantuan sosial untuk bantuan dan pertolongan, bidang rehabilitasi sosial untuk rehabilitasi fisik dan non fisik bagi penanganan korban bencana permanen dan bidang pemberdayaan sosial untuk penanganan dampak bencana berkelanjutan. Seluruh kegiatan penanggulangan bencana bidang bantuan sosial difokuskan pada peningkatan kapasitas kemampuan penanggulangan bencana khususnya bagi masyarakat agar tepat sasaran, tepat bantuan, cepat tindakan dan cepat pemulihan. Apel Nasional TAGANA kali ini diadakan selama 3 (tiga) hari, 2 - 4 Desember 2009 berisi Simulasi Penanggulangan Bencana, Pameran Peralatan Penanggulangan Bencana. Melalui acara tersebut diharapkan para anggota TAGANA dari 33 Provinsi dapat terintegrasi dan semakin memperkuat koordinasi dimanapun bencana melanda.

Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009