PON 2021 Papua

Persiapan PON Papua 2021 capai 70 persen

Persiapan PON Papua 2021 capai 70 persen

Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda. ANTARA/Hendrina Dian Kandipi/aa.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Harian Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Yunus Wonda mengungkapkan bahwa persiapan PON Papua 2021 sudah mencapai 70 persen.

“Progres kesiapan PON sudah 70 persen menuju 80 persen. 20 persen ini terkait kelengkapan, peralatan, akomodasi, transportasi, gudang untuk penyimpanan peralatan,” kata Yunus dilansir dari laman resmi, Sabtu.

Meski ditunda hingga 2021 karena pandemi virus corona, PB PON beserta stakeholder terkait berkomitmen untuk tetap merampungkan persiapan PON Papua pada tahun ini.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebelumnya telah merampungkan sejumlah arena pertandingan olahraga untuk PON Papua 2021, yakni arena akuatik di kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan arena cricket maupun lapangan hoki (indoor dan outdoor) di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu.

Baca juga: Arena akuatik PON Papua penuhi standar FINA

Sementara pembangunan Istora Papua Bangkit dan fasilitas pendukung lainnya, termasuk proses lelang peralatan cabang olahraga masih terus dilakukan.

Yunus berharap persiapan kelengkapan PON dapat selesai pada tahun ini sehingga pada 2021 bisa fokus hanya pada proses perawatan venue.

“Kami juga sampaikan ke dinas terkait yang kerjakan venue harus selesai tahun ini. Sehingga 2021 hanya perawatan sebab tahun depan itu tidak banyak yang harus dikerjakan," kata dia.

Jika seluruh persiapan sudah selesai tahun ini, maka tes event bisa dilakukan pada 2021.

Pemerintah Provinsi Papua diketahui telah menghabiskan dana APBD lebih dari Rp3,8 triliun untuk pembangunan dan renovasi venue yang bakal digunakan untuk PON 2021.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari lima tahun anggaran, yakni 2016 sebesar Rp228,6 miliar, 2017 sebesar Rp447,2 miliar, 2018 Rp879,3 miliar, Rp2,2 triliun pada tahun 2019, dan Rp2 triliun dalam APBD 2020.

Selain dari dana APBD, pemerintah juga telah mengucurkan dana APBN sebesar Rp2,3 triliun untuk mendukung proses pembangunan venue PON Papua yang akan digelar 2-13 Oktober tahun depan.

Baca juga: Kementerian PUPR rampungkan pembangunan sejumlah arena PON Papua
Baca juga: Meski PON diundur, daya pasok listrik Papua bertambah jadi 115 MW
Baca juga: Papua habiskan dana APBD Rp3,8 triliun untuk bangun venue PON


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Arena Akuatik PON Papua telah bersertifikat internasional

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar