Ratusan wisatawan kunjungi Pulau Angso Duo Pariaman saat normal baru

Ratusan wisatawan kunjungi Pulau Angso Duo Pariaman saat normal baru

Ratusan pengunjung kunjungi Pulau Angso Duo Kota Pariaman (ANTARA/HO)

Pariaman, (ANTARA) - Sekitar 600 wisatawan dari berbagai daerah mengunjungi Pulau Angso Duo, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) yang dibuka oleh pemerintah setempat setelah diterapkannya normal baru.

"Angka tersebut dilihat dari hasil penjualan tiket ke Pulau Angso Duo dari 20 Juni hingga akhir Juli," kata Ketua Koperasi Piaman Wisata Mandiri, Riki Bermana di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan sebelum dibuka pihaknya telah mempersiapkan kapal wisata sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19 untuk kendaraan umum yaitu di antaranya membatasi kapasitas angkutan ditambah dengan menyediakan pelampung.

Baca juga: Bamsoet minta pemandu edukasi turis jalankan protokol kesehatan

Namun karena wisatawan masih takut berwisata ditambah dengan pengurangan jumlah penumpang kapal hingga setengah dari kapasitas, dan cuaca buruk yang menerjang daerah itu pada Juli sehingga kunjungan ke Pulau Angso Duo belum meningkat.

Ia menyebutkan dari 20 hingga 30 Juni penjualan tiket hanya 300 lembar, lalu pada Juli jumlah tiket yang terjual juga 300 lembar yang hal itu disebabkan karena terjadinya cuaca buruk.

"Dalam bulan Juli kapal hanya bisa membawa wisatawan tiga hari dalam seminggu," katanya.

Baca juga: Ganjar minta Dusun Girpasang dikelola jadi objek wisata

Ia berharap masa liburan Idul Adha sekarang kunjungan wisatawan ke Pulau Angso Duo meningkat dan cuaca membaik sehingga perekonomian pelaku usaha kapal wisata di daerah itu meningkat.

Sementara itu salah seorang pemilik kapal wisata ke Pulau Angso Duo, Zainal Efendi mengatakan kunjungan wisatawan ke pulau hari ini mulai ramai karena memasuki masa liburan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

"Alhamdulillah sudah mulai ramai, untuk hari ini (hingga pukul 12.00 WIB) saja sudah ada 50 wisatawan yang saya bawa ke pulau," kata dia.

Ia mengatakan ramainya kunjungan ke pulau tersebut terjadi dalam minggu ini yang merupakan wisatawan perantau yang pulang kampung dan warga Sumbar yang memanfaatkan libur Idul Adha.***1***

Baca juga: Bali jadi destinasi wisata terbaik dunia pilihan wisatawan
Baca juga: Objek wisata pantai di Lampung mulai ramai pengunjung
Baca juga: Dinas Gunung Kidul perpanjang uji coba pembukaan destinasi wisata

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumbar catat angka tertinggi COVID-19, satu di antaranya kepala daerah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar