Tenis

Mundur dari US Open, Kyrgios imbau petenis untuk tidak egois

Mundur dari US Open, Kyrgios imbau petenis untuk tidak egois

Petenis Australia Nick Kyrgios melemparkan raketnya yang rusak ke arah penonton saat bertanding melawan petenis Spanyol Rafael Nadal pada turnamen tenis Australia Terbuka putaran keempat di Melbourne Park, Melbourne, Australia, Senin (27/1/2020). (REUTERS/HANNAH MCKAY)

Kepada para petenis, kalian harus bertindak untuk kepentingan sesama...
Jakarta (ANTARA) - Petenis kontroversial Nick Kyrgios memutuskan untuk mundur dari US Open, namun tetap menghargai keputusan petenis lainnya yang akan tetap berpartisipasi selama mereka tak egois dan bertindak penuh tanggung jawab selama turnamen.

Keputusan Kyrgios itu mengikuti jejak kompatriotnya sekaligus petenis putri nomor satu dunia, Ashleigh Barty, yang menyatakan mundur karena alasan keselamatan.

“Kepada penggemar tenis tercinta, saya tidak akan bermain di US Open tahun ini. Kenyataan ini sangat memilukan,” kata Kyrgios dalam sebuah video yang diunggah ke Twitter.

Baca juga: Ashley Barty absen di US Open karena khawatirkan pandemi

“Saya memilih untuk tak ikut demi warga Australia dan ratusan atau ribuan orang Amerika yang telah kehilangan nyawanya.”

Kyrgios sempat mengecam Asosiasi Tenis Profesional (ATP) yang bersikukuh untuk tetap menggelar US Open di tengah lonjakan kasus COVID-19 di AS.

Namun kini ia mengaku tak mempersalahkan keputusan ATP, Asosiasi Tenis AS (USTA) maupun para petenis yang nantinya memilih untuk tetap tampil di Flushing Meadows pada 31 Agustus nanti.

Penyelenggaraan US Open diharapkannya dapat memulihkan kembali perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi, seperti karyawan restoran, pembersih ruangan hingga penjaga ruang ganti.

Baca juga: Setelah Barty, Murray memprediksi banyak petenis mundur dari US Open
Baca juga: Naomi Osaka dipastikan tampil dalam US Open


Petenis berusia 25 tahun itu lantas mengimbau para petenis dunia yang bakal tampil di turnamen Grand Slam US Open agar disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kepada para petenis, kalian harus bertindak untuk kepentingan sesama...tak peduli dengan peringkat duniamu atau berapa banyak uang yang kamu punya. Bertindaklah dengan penuh tanggung jawab.”

Demikian juga dengan penyelenggaraan turnamen ekshibisi, ia mengimbau agar tak hanya memikirkan soal keuntungan.

“Anda tak bisa berdansa di atas meja dengan uang yang diraih selama tur Eropa,”

“Pikirkan juga orang lain. Tak peduli peringkat berapa Anda atau berapa uang yang Anda punya. Bertindaklah dengan tanggung jawab,” tegasnya.

Baca juga: Panitia yakin dengan protokol dan jaminan keselamatan US Open
Baca juga: Tenis kursi roda US Open diputuskan digelar setelah diprotes pemain


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar