Liga Italia

Fiorentina tutup musim 2019/2020 dengan kemenangan 3-1 atas SPAL

Fiorentina tutup musim 2019/2020 dengan kemenangan 3-1 atas SPAL

Penyerang Fiorentina Christian Kouam merayakan gol yang dicetaknya dalam pertandingan Liga Italia melawan SPAL, yang dimainkan di Stadion Paolo Mazza, Ferrara, Minggu (2/8/2020). (ANTARA/Reuters Connect/IPA)

Jakarta (ANTARA) - Fiorentina menutup musim 2019/2020 dengan kemenangan 3-1 atas SPAL pada pertandingan Liga Italia putaran ke-38 yang dimainkan di Stadion Paolo Mazza, Ferrara, Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.

Fiorentina membuka keunggulan terlebih dahulu melalui gol Alfred Duncan (30'), namun sebelum turun minum SPAL mampu menyamakan kedudukan melalui gol balasan Marco D'Alessandro (39'). La Viola kemudian mengamankan kemenangan melalui gol Christian Kouame (89') dan eksekusi penalti Erick Pulgar (94') demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Hasil itu tidak mengubah posisi kedua tim di klasemen. Fiorentina untuk sementara masih menghuni posisi kesepuluh dengan 49 poin, sedangkan SPAL tetap berada di posisi juru kunci dengan 20 poin.

Baca juga: Daftar juara Liga Italia, Juventus amankan gelar kesembilan beruntun


Federico Chiesa memiliki peluang pertama di laga itu melalui pergerakan memotongnya sebelum melepaskan tembakan yang dapat ditahan kiper SPAL Demba Thian. Bola pantul dapat disambar Dusan Vlahovic, namun sepakannya mengarah ke atas mistar gawang.

SPAL mencoba balas mengancam melalui D'Alessandro yang melaju cepat menuju kotak penalti tim tamu, sebelum Federico Ceccherini memblok sepakannya.

Setelah sejumlah peluang yang disia-siakan Chiesa dan Alfred Duncan, Fioentina akhirnya memecah kebuntuan saat Chiesa bergerak dari sisi kanan, bola kemudian disodorkan kepada Duncan yang menyelesaikan peluang dengan sepakan ke sudut bawah gawang.

Baca juga: Fiorentina perbarui kontrak pelatih Giuseppe Iachini

Keunggulan Fiorentina hanya bertahan sembilan menit. Mattia Valoti bergerak dari kanan, mengirim umpan silang yang diteruskan dengan sepakan voli D'Alessandro untuk menjadi gol penyama kedudukan.

Peluang pertama pada babak kedua menjadi milik Fiorentina, ketika Chiesa mengirim bola kepada Kevin Agudelo yang kemudian melepaskan tembakan melebar.

SPAL mengancam melalui Gabriel Strefezza yang melaju ke arah sisi gawang, bola kemudian digulirkan ke mulut gawang namun dapat dibuang Igor sehingga menghasilkan tendangan sudut.

Kiper SPAL Demba Thiam harus melakukan penyelamatan ganda. Dari situasi tendangan sudut, Christian Kouame menanduk bola yang masih dapat ditepis Thiam. Bola kemudian jatuh ke penguasaan Chiesa yang meneruskannya dengan tembakan, namun masih dapat ditahan Thiam.

Baca juga: Inter amankan peringkat kedua klasemen setelah gulung Atalanta 2-0

Fase akhir pertandingan didominasi oleh Fiorentina. Satu peluang bagus didapat Patrick Cutrone setelah menerima bola panjang, tapi sepakannya tertuju lurus ke kiper Thiam.

Kerja keras Fiorentina akhirnya membuahkan hasil. Dari situasi tendangan sudut yang dilakukan Pulgar, pemain pengganti Kouame menyambutnya dengan tandukan untuk membuat bola bersarang ke gawang SPAL.

Tim tamu mendapat hadiah penalti akibat pelanggaran Kevin Bonifazi terhadap Chiesa di kotak terlarang. Spesialis penalti Pulgar tidak melakukan kesalahan saat menaklukkan tugasnya untuk mengecoh kiper Thiam.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Italia:

SPAL (4-4-1-1): Demba Thiam, Nenad Tomovic, Kevin Bonifazi, Mohamed Fares (Bartosz Salamon 81'), Marco D'Alessandro (Georgi Tunkoy 86'), Bryan Dabo, Simone Missiroli, Alessandro Murgia (Gabriel Strefezza 61'), Mattia Valoti (Federico Di Francesco 81'), Jaume Cuellar (Krisztofer Horvath 64')
Pelatih: Luigi Di Biagio

Fiorentina (3-5-2): Pietro Terracciano, Nikola Milenkovic, Federico Ceccherini, Igor, Lorenzo Venuti (Riccardo Sottil 66'), Kevin Agudelo (Christian Kouame 55'), Erick Pulgar, Alfred Duncan (Aleksa Terzic 90'), Pol Lirola, Dusan Vlahovic (Patrick Cutrone 66'), Federico Chiesa (Christian Dalle Mura 90')
Pelatih: Giuseppe Iachini

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar