Jakarta (ANTARA) - Liga Premier musim 2019/2020 baru saja berakhir, dan pasar transfer sudah membuka lapaknya untuk musim baru nanti.

Chelsea menjadi klub yang paling sibuk dalam bursa transfer musim panas ini setelah mendatangkan duet serang maut Timo Werner dan Hakim Ziyech masing-masing dari RB Leipzig dan Ajax. Bakal ada lagi yang datang ke Stamford Bridge, termasuk Kai Havertz dari Bayer Leverkusen.

Manchester City di ambang mendatangkan bintang Valencia Ferran Torres dan Nathan Ake. Tetapi posisi apa yang harus diperkuat setiap klub Liga Premier musim nanti, termasuk dua klub promosi Leeds dan West Brom. Berikut catatan Talk Sport dalam lamannya.

ARSENAL PERLU GELANDANG
Setelah memanggil pulang William Saliba yang dipinjamkan ke Saint-Etienne, Arsenal sudah selesai dengan opsi beknya dan perhatian kini tertuju ke lapangan tengah.
Mikel Arteta sepertinya akan mati-matian mendapatkan gelandang Dominik Szoboszlai dari Red Bull Salzburg yang memiliki opsi jual 22 juta pound. Pemain ini sudah lama diincar The Gunner

Baca juga: Transfer musim panas Arsenal tergantung posisi klasemen

ASTON VILLA BUTUH STRIKER
Musim yang baru lewat lalu membuktikan Villa kekurangan pencipta gol yang subur.
Villa bisa meminta Chelsea untuk meminjamkan Tammy Abraham yang meskipun cemerlang bersama The Blues pada musim 2019/2020 namun bakal kesulitan mendapatkan tempat karena bersaing dengan Olivier Giroud dan si pemain baru Werner.

BRIGHTON & HOVE ALBION - GELANDANG
Graham Potter disanjung telah membuat The Seagulls tampil cemerlang di liga dan dia perlu terus bertahan di Liga Premier musim depan.
Untuk itu seorang gelandang bertahan menjadi keharusan dan pemain Watford Abdoulaye Doucoure bisa menjadi pilihan utama. Kalau tidak bek Huddersfield Jonathan Hogg untuk dipasangkan dengan mantan rekan satu timnya Aaron Mooy.

BURNLEY - PEMAIN SAYAP
The Clarets tidak punya banyak uang untuk belanja pemain musim ini tetapi jika bisa mendapatkan dana maka klub ini perlu memperlebar sektor main dengan merekrut pemain sayap.
Mengingat Johann Berg Gudmundsson cedera sehingga Dwight McNeil dan Ashley Barnes membutuhkan pemain sayap, maka pemain Watford Gerard Deulofeu bisa menjadi pilihan tim ini.

CHELSEA - PENJAGA GAWANG
Prioritas Lampard berikutnya adalah penjaga gawang pengganti Kepa Arrizabalaga yang cuma delapan kali clean sheet pada musim 2019/2020.
Kiper Burnley Nick Pope bisa menjadi pilihan mengingat peran sentralnya di balik penampilan cemerlang Burnley. Musim lalu Pope mencata 15 clean sheet.

Baca juga: Sukses dapatkan Timo Werner, Chelsea kini incar Ben Chilwell

CRYSTAL PALACE - PEMAIN SAYAP
Ryan Fraser sudah meninggalkan Bournemouth setelah tujuh tahun di sana dan dia bisa menjadi pengganti ideal Wilfried Zaha yang masanya bersama The Eagles mungkin berakhir musim transfer ini.
Fraser bisa opsi tepat untuk gaya serangan balik The Eagles.

EVERTON - PEMAIN SAYAP
Alex Iwobi dan Theo Walcott kesulitan bermain bersama The Toffees sejak pindah dari Arsenal, sedangkan Bernard tidak konsisten.
Untuk itu Everton butuh pemain muda dan berorientasi langsung menyerang dari sayap, dan opsi itu cocok dengan Ismaila Sarr dari Watford. Sarr bisa ditarik karena Watford terjengkang ke Liga Championship.

LEEDS UNITED - STRIKER
Pemain timnas Kanada Jonathan David sudah hampir pasti merapat ke Elland Road.
Striker Gent ini mencetak 18 goal dan delapan assist selama 27 kali bermain untuk klub Belgia tersebut.

LEICESTER CITY - PEMAIN SAYAP
Kehilangan James Maddison pada seperempat terakhir musim lalu membuat Leicester kelimpungan.
Harvey Barnes dan Ayoze Perez memang tampil cemerlang tapi klub ini masih butuh asisten bagi Jamie Vardy, dan Leon Bailey dari Bayer Leverkusen yang juga diincar Chelsea bisa menjadi pilihan tepat.

LIVERPOOL - BEK KIRI
James Milner memang deputi andal bagi Andy Robertson ketika yang terakhir ini cedera.
The Reds butuh pelapis Robertson dan Jurgen Klopp bisa mendapatkannya dari pemain Norwich Jamal Lewis yang kemungkinan besar meninggalkan klubnya yang terdegradasi itu.

MANCHESTER CITY - BEK TENGAH
Pep Guardiola kelimpungan di barisan belakang. Nathan Ake kemungkinan besar pindah dari Bournemouth yang terdegradasi, ke City.
Tapi meskipun juga hampir pasti mendapatkan gelandang Ferran Torres dari Valencia, City masih butuh bek tengah. Dan bek Napoli Kalidou Koulibaly menjadi opsi ideal.

Baca juga: Tawaran Rp788 miliar City buat Nathan Ake diterima Bournemouth
Baca juga: City siap gelontorkan Rp1,19 triliun untuk bek Napoli, Koulibaly


MANCHESTER UNITED - PEMAIN SAYAP
Setan Merah akhirnya sudah mendapatkan lagi empat bek yang solid setelah empat tahun kedodoran. Untuk itu klub ini mengarahkan perhatian ke lapangan tengah.
Dua gelandang serang Jack Grealish dari Aston Villa dan Jadon Sancho menjadi incaran besar United. Sancho bahkan menjadi calon pemakai kostum nomor 7 yang ikonik di klub ini. 17 gol dan 17 assist untuk Borussia Dortmund membuat MU sulit memalingkan muka dari Sancho

​​​​​​​Baca juga: Solksjaer pastikan MU akan realistis di pasar transfer

NEWCASTLE UNITED - STRIKER
Steve Bruce sungguh memerlukan penyelesai akhir atau goal-getter yang benar-benar tahu bagaimana memasukkan bola ke gawang lawan.
Troy Deeney dari Watford bisa menjadi opsi besar. Kalau tidak Aleksandar Mitrovic, namun yang ini masih tergantung kepada apakah Fulham berhasil promosi ke Liga Premier.

SHEFFIELD UNITED - PENJAGA GAWANG
Dean Henderson yang dipinjamkan dari MU ke Bramall Lane jelas pilihan utama Sheffield. Tetapi MU ingin menjadikan Henderson sebagai pengganti David de Gea musim depan.
Kiper berusia 23 tahun itu juga dibidik oleh Chelsea. Oleh karena itu pilihan Sheffield kini tertuju kepada Aaron Ramsdale dari Bournemouth.

SOUTHAMPTON - BEK TENGAH
Southampton memang kuat belakangan ini namun mereka kebobolan 59 gol selama musim lalu dan untuk itu manajer Ralph Hasenhuttl membutuhkan dua bek tengah lagi.
Bek Valladolid Mohammad Salisu yang memiliki klausa lepas 10,9 juta pound menjadi pilihan paling rasional Southampton.

TOTTENHAM HOTSPUR - BEK KIRI
Spurs butuh pemain di banyak posisi, termasuk gelandnag dan sayap, tetapi yang paling dibutuhkan justru full-back baru. Japhet Tanganga mengisi sempurna bek kanan ketika Serge Aurier terkena skorsing, sedangkan Danny Rose sepertinya bakal mempermanenkan diri di Newcastle.
Untuk itu Jose Mourinho bisa melirik kepada bek kiri Nicolas Tagliafico yang cemerlang bersama Ajax namun mencari klub baru. Spurs berpeluang menarik pemain ini.

Baca juga: Tottenham sedikit lagi sepakati transfer Hojbjerg dari Southampton
Baca juga: Bek Jan Vertonghen resmi tinggalkan Tottenham Hotspur


WEST BROMWICH ALBION- GELANDANG SERANG
Slaven Bilic memang telah berjasa jasa mengantarkan kembali klub ini ke Liga Premier, tetapi untuk bertarung di liga utama manajer ini harus menambah lagi ketajaman timnya.
Playmaker QPR berusia 22 tahun Ebere Eze bisa menjadi pilihan berkat 14 gol dan delapan assistnya di Liga Championship. Tetapi West Brom harus bersaing dengan West Ham, Aston Villa dan Newcastle yang juga mengincar pemain ini.

WEST HAM UNITED - STRIKER
Klub ini membutuhkan partner untuk Michail Antonio dan Tomas Soucek di barisan serang. Dan aspirasi itu bisa dipenuhi oleh kehadiran pemain Brentford Ollie Watkins yang menciptakan 25 gol di Liga Championship.
Tetapi jika Brentford promosi ke Liga Premier, West Ham harus melupakan pemain berusia 24 tahun itu.

WOLVERHAMPTON WANDERERS - BEK TENGAH
Roman Saiss sudah mematrikan diri menjadi bek bersama Conor Coady dan Willy Boly, namun manajer Nuno Espirito Santo masih membutuh bek tengah lainnya.
Jan Vertonghen dari Spurs bisa menjadi pilihan. Namun pemain Belgi ini juga diincar oleh klub-klub besar Eropa.

Baca juga: Bursa transfer Liga Inggris berlangsung 27 Juli hingga 5 Oktober
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020