Kemarin, penumpang transportasi umum meningkat hingga perpres EBT

Kemarin, penumpang transportasi umum meningkat hingga perpres EBT

Calon penumpang bus membawa barangnya di Terminal Kalideres, Jakarta, Kamis (30/7/2020). ANTARA FOTO/Fauzan/nz

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (2/8) kemarin, mulai dari penumpang transportasi umum pada masa libur Idul Adha meningkat hingga rancangan peraturan presiden (perpres) harga listrik bersumber dari energi baru dan terbarukan (EBT).

1. Libur Idul Adha, pergerakan penumpang transportasi umum meningkat
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan pergerakan penumpang transportasi umum pada masa libur Idul Adha di sejumlah simpul transportasi seperti di terminal, stasiun, bandara, dan pelabuhan terpantau meningkat dibandingkan hari biasa.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, mengatakan pihaknya telah memprediksi akan terjadi peningkatan penumpang pada hari raya kurban tersebut karena jatuh pada Jumat (31/7), yang berarti akan ada libur panjang akhir pekan.

Simak selengkapnya di sini

2. Pengamat: Edukasi protokol kesehatan bagi wisatawan harus simultan
Pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Chusmeru mengatakan edukasi mengenai protokol kesehatan bagi wisatawan harus dilakukan secara simultan sebagai salah satu upaya mencegah COVID-19.

"Perlunya edukasi secara simultan dan berkelanjutan tentang adaptasi kebiasaan baru dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu.

Simak selengkapnya di sini

3. Kemenperin "percantik" kinerja industri kosmetik
Kementerian Perindustrian berupaya mendongkrak kinerja industri kosmetik dengan mendorong pelaku industri kecantikan untuk memanfaatkan sumber daya alam lokal sebagai bahan baku, mengingat Indonesia kaya dengan keanekaragaman hayati.

Langkah itu juga memacu substitusi impor dan mewujudkan kemandirian nasional.

“Untuk meningkatkan kapabilitas dan kapasitas industri kosmetik kita, salah satu strategi yang dilakukan adalah pengoptimalan teknologi agar bisa menghasilkan inovasi. Hal ini sesuai dengan arah peta jalan Making Indonesia 4.0 sebagai kesiapan kita memasuki era industri 4.0,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Doddy Rahadi Doddy lewat keterangannya di Jakarta, Minggu.

Simak selengkapnya di sini

4. MPR: Ketaatan protokol kesehatan kunci pemulihan ekonomi Bali
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan ketaatan masyarakat Bali menjalankan protokol kesehatan di berbagai aktivitas kehidupan menjadi kunci sukses pemulihan ekonomi dan menekan penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut.

Dia mengapresiasi ketaatan masyarakat Bali menjalankan protokol kesehatan di berbagai aktivitas kehidupan, mulai dari tingkat desa dengan diawasi langsung kepala desa dan para pecalang.

"Masyarakat Bali mengedepankan kearifan lokal dalam mendisiplinkan masyarakat, yakni dengan mengandalkan hukum adat yang dikenal Pararem Gering COVID-19," kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Simak selengkapnya di sini

5. Percepat EBT, pemerintah godok perpres sebagai terobosan regulasi
Pemerintah tengah menggodok rancangan peraturan presiden (perpres) yang akan mengatur harga listrik bersumber dari energi baru dan terbarukan (EBT).

Langkah tersebut sebagai terobosan kebijakan pemerintah untuk membangun kepercayaan investor menjalankan bisnis energi bersih tersebut melalui pengaturan skema harga yang kompetitif.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM FX Sutijastoto dalam pernyataannya yang dikutip di Jakarta, Minggu, mengatakan rancangan perpres EBT ini telah mendapat dukungan penuh dari para pengusaha terkait.

Simak selengkapnya di sini

Baca juga: Arus balik Idul Adha, 3.200 penumpang KA tiba di Jakarta
Baca juga: Bandara Bali sambut penerbangan pembukaan kunjungan wisatawan domestik
Baca juga: Menparekraf ingatkan protokol kesehatan jelang pembukaan wisata Bali


Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Libur Idul Adha, Tanah Lot ramai dikunjungi wisatawan domestik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar