Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Kesehatan segera menyusun dan menetapkan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) 2021.

Hal itu disampaikan Bamsoet merespon informasi sebanyak 40 persen dari total dana Rp695 triliun yang dialokasikan untuk penanganan virus corona belum memiliki DIPA.

"Kementerian Kesehatan dan lembaga terkait agar segera menyusun dan menetapkan DIPA dalam anggaran 2021 untuk penanganan virus corona, agar realisasi dan pertanggungjawaban anggarannya dapat secara akuntabel, transparan, dan tepat sasaran," jelas Bamsoet dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Baca juga: Gugus Tugas terima Rp3,4 triliun dari Kemenkeu untuk tangani COVID-19
Baca juga: Kemenkes pandu verifikasi untuk percepat pencairan anggaran COVID-19
Baca juga: Kemenkeu sebut penyerapan anggaran kesehatan naik, capai 5,12 persen


Dia juga mendorong seluruh kementerian dan lembaga mengikuti instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, agar mengetahui dan mempunyai prioritas kerja ketika pandemi menghantam Indonesia, terutama bagi Kementerian Kesehatan.

Dia lalu meminta satuan tugas penanganan dan penanggulangan COVID-19 untuk segera menyusun rencana kegiatan khususnya kegiatan yang prioritas dalam penanganan dan penanggulangan COVID-19 agar selaras dengan DIPA Kemenkes, sehingga manajemen krisis dapat dikelola secara efisien.

Selanjutnya da juga mendorong kementerian/lembaga agar tidak lupa mempercepat penyerapan anggaran penanganan virus corona yang saat ini baru 20 persen yang direalisasikan dari total alokasi yang sebesar Rp695,2 triliun.
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020