Wisata rafting di Kalbar masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020

Wisata rafting di Kalbar masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020

Pengunjung menikmati Ranggi Rafting di Bengkayang. (ANTARA/Dedi)

Kita sangat bangga dan bersyukur tahun ini ada dua destinasi wisata kita masuk nominasi API 2020 dan satu di antaranya Ranggi Rafting kategori wisata air terpopuler
Pontianak (ANTARA) - Tanggi Rafting yang terletak di Desa Pisak, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar), menjadi satu dari dua destinasi wisata di daerah itu yang masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.

"Kita sangat bangga dan bersyukur tahun ini ada dua destinasi wisata kita masuk nominasi API 2020 dan satu di antaranya Ranggi Rafting kategori wisata air terpopuler," ujar Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Bengkayang, Made Putra Negara, saat dihubungi di Bengkayang, Senin.

Ia menjelaskan bahwa Tanggi Rafting yang berada di Kecamatan Tujuh Belas dan untuk ke sana butuh waktu sekitar 2 -3 jam dari pusat Kota Bengkayang tersebut sedang ditata.

Baca juga: Pantai Liman masuk nominasi raih API 2020

"Saat ini kita sudah tugaskan dua orang sarjana pariwisata untuk melakukan pembinaan manajemen desa wisata di sana. Khusus untuk Riam Panggar kita juga hadirkan dua orang staf khusus Disporapar menjadi petugas pendamping dan sekaligus membina Pokdawaris setempat," kata dia.

Sebelumnya kata Made, manajemen Pokdarwis tidak berjalan maksimal sehingga kepengurusannya diregenerasi.

"Pengelolaan kita tetap berpihak ke masyarakat. Tapi kita perkuat kerja sama dengan desa, Pokdarwis di bawah BUMDes, dan kerja sama dengan Pemda.
Semoga ke depannya semakin baik," jelasnya.

Baca juga: Sleman raih Anugerah Pesona Indonesia kategori ekowisata populer

Terkait kunjungan wisatawan baik lokal maupun luar, selalu ramai pada akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu. Rata - rata jumlah kunjungan, lanjutnya, 50-150 orang dalam sehari atau selama sebulan 200-600 orang.

"Setiap tahun kita ada pelatihan untuk mereka, bantuan sarana perahu dan perlengkapan juga kita adakan. Tahun ini kita bangun jalan dalam kawasan sepanjang pinggir sungai yang menghubungkan Riam Panggar dan Riam Berangek. Toilet juga kita tambah tahun ini. Tempat kuliner khusus belum ada tapi sudah ada rencana," katanya.

Selain Tanggi Rafting destinasi wisata di Bengkayang yang juga masuk nominasi yakni Kampung Kreatif Jagoi Kindau. Kampung tersebut masuk nominasi kategori wisata belanja terpopuler.

Baca juga: Kampung kreatif di perbatasan RI-Malaysia masuk nominasi API 2020

Pewarta: Dedi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pengembangan wisata rafting di Sungai Bogowonto

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar