Liga Inggris

Aturan baru FA bisa buat pemain di kartu merah karena batuk

Aturan baru FA bisa buat pemain di kartu merah karena batuk

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). (ANTARA/Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Otoritas sepak bola Inggris, FA, mengeluarkan aturan baru yang bisa membuat pemain diganjar kartu kuning atau bahkan kartu merah jika sengaja batuk di hadapan wajah lawan atau wasit.

Aturan itu jadi bagian regulasi anyar yang dikeluarkan FA untuk pertandingan sepak bola di tengah pandemi COVID-19 yang segera berlaku di semua kompetisi di Inggris demikian lansiran Reuters, Senin.

Wasit diperbolehkan memberi hukuman tersebut apabila "yakin seseorang secara sengaja dan dari jarak dekat batuk ke wajah lawannya ataupun seorang ofisial pertandingan."

Baca juga: Liga Premier musim 2020/21 dimulai 12 September
Baca juga: Sekilas tentang Premier League musim 2020/2021


Dokumen regulasi anyar FA tersebut menyatakan pelanggaran itu tergolong dalam kategori penggunaan gestur dan/atau bahasa yang ofensif, menghina maupun bersifat pelecehan.

"Jika insiden itu tidak terlalu parah untuk diganjar kartu merah, peringatan bisa dikeluarkan wasit sebagai bagian dari perilaku tak sportif ataupun penghinaan terhadap pertandingan," demikian dokumen yang sama menyatakan.

Kendati demikian regulasi tersebut menekankan bahwa wasit harus bisa membedakan batuk yang wajar sembari terus mengingatkan agar pemain tidak meludah di lapangan, pun hal itu tidak dianggap sebagai tindakan melanggar.

Baca juga: Satu posisi yang dibutuhkan setiap klub Liga Premier musim nanti
Baca juga: Playoff promosi Liga Premier, Fulham memimpin 2-0 atas Cardiff

 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar