Bupati Klungkung apresiasi Menhub-Gubernur dukung Pelabuhan Sampalan

Bupati Klungkung apresiasi Menhub-Gubernur dukung Pelabuhan Sampalan

Bupati Klungkung, Bali, I Nyoman Suwirta, bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada peletakan batu pertama (Ground Breaking) pembangunan pelabuhan penyeberangan Sampalan dan Bias Munjul, Kecamatan Nusa Penida, Senin (3/8/2020). (FOTO Antara News Bali/HO-Humas Pemkab Klungkung/2020)

Pembangunan pelabuhan ini pada esensinya adalah membangun keselamatan, kenyamanan bagi masyarakat
Klungkung (ANTARA) - Bupati Klungkung, Bali, I Nyoman Suwirta, menyampaikan apresiasi atas dukungan dan koordinasi Gubernur Bali, Wayan Koster, dengan pemerintah pusat melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam mewujudkan pembangunan dua pelabuhan penyeberangan di Nusa Penida yakni Sampalan dan Bias-Munjul.

"Kami mengucapkan terima kasih berkat dukungan Bapak Gubernur lewat koordinasi dengan Presiden dan Menteri Perhubungan dapat merealisasikan pembangunan pelabuhan ini," ujar Bupati Suwirta pada peletakan batu pertama (Ground Breaking) pembangunan pelabuhan penyeberangan Sampalan dan Bias Munjul, Kecamatan Nusa Penida, Senin.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara resmi meletakkan batu pertama sebagai tanda pembangunan pembangunan pelabuhan segitiga emas yang menghubungkan dari Sanur menunju Nusa Penida dan Nusa Ceningan, telah dimulai. Dua diantara pelabuhan segitiga emas itu berada di Kecamatan Nusa Penida yakni di Sampalan dan Bias Munjul (Nusa Ceningan/Nusa Lembongan).

Bupati asal Nusa Ceningan ini juga menyampaikan terima kasih kepada Menhub Budi Karya Sumadi yang telah memberikan perhatian khusus kepada Nusa Penida dengan melihat segala potensi yang luar biasa. Selain itu, Bupati menyampaikan rasa syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena dua pelabuhan bagian dari rencana pelabuhan segitiga emas dapat terealisasi dan diwujudkan melalui dana APBN.

"Dalam mewujudkan cita-cita besar ini dengan APBD Klungkung yang kecil tidaklah mudah, diperlukan dukungan Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Pusat. Dengan dukungan ini, kedepan, Kabupaten Klungkung bisa menjadi mandiri secara bertahap. Pembangunan bisa terwujud jika pemerintah, masyarakat dan pihak swasta bersatu padu menggali potensi Nusa Penida yang memiki anugerah alam yang luar biasa," katanya.

Dalam kesempatan itu, Menhub Budi Karya menyampaikan sebagai tujuan wisata utama, Presiden Joko Widodo memberi perhatian khusus kepada Bali. Pembangunan pelabuhan penyeberangan Sampalan dan Bias Munjul, Nusa Penida, didanai dari APBN dengan sistem multiyear lebih dari Rp190 miliar.

"Pembangunan pelabuhan ini pada esensinya adalah membangun keselamatan, kenyamanan bagi masyarakat. Mudah-mudahan ini akan memberi suatu kebangkitan Bali Era Baru," ujar Menhub Budi Karya.

Sementara itu, Gubernur Bali Wayan Koster berharap pembangunan kedua pelabuhan ini dapat selesai sesuai perencanaan. Nusa Penida merupakan wilayah yang sangat sakral dengan daya tarik dan taksunya yang kuat. Gubernur berharap pembangunan pelabuhan ini dapat terselesaikan sesuai waktunya.

Baca juga: Menhub targetkan Pelabuhan Nusa Penida rampung sebelum Juni 2021
Baca juga: Pulihkan transportasi masa pandemi, Menhub cari kebijakan yang pas

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Penyeberangan Sanur-Nusa Penida terapkan sejumlah syarat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar