Pasar saham Australia dibuka melonjak, Indeks ASX 200 naik 123,80 poin

Pasar saham Australia dibuka melonjak, Indeks ASX 200 naik 123,80 poin

Ilustrasi - Pasar Saham, Bursa Efek dengan bendera Australia.ANTARA/Shutterstock/pri (Shutterstock)

Manufaktur global lebih sehat dari yang diharapkan pada Juli. PMI di China, Inggris, Italia, Jerman dan Prancis semua menunjukkan ekspansi pada tingkat yang lebih cepat dari perkiraan
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia melonjak pada awal perdagangan Selasa pagi, setelah sehari sebelumnya turun tipis, dengan kenaikan saham-saham teknologi mengangkat pasar yang lebih luas.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 123,80 poin atau 2,09 persen menjadi 6.049,90 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 128,00 poin atau 2,11 persen pada 6.181.90 poin.

Lonjakan terjadi menyusul indikator ekonomi global yang lebih baik dari perkiraan, menempatkan investor dalam suasana yang lebih optimis daripada awal pekan.

"Manufaktur global lebih sehat dari yang diharapkan pada Juli. PMI di China, Inggris, Italia, Jerman dan Prancis semua menunjukkan ekspansi pada tingkat yang lebih cepat dari perkiraan," kata Kepala Strategi Pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

Baca juga: Wall Street dibuka lebih tinggi, terkerek saham teknologi

"Data kuat mengangkat saham-saham dan komoditas-komoditas industri, dan menempatkan obligasi di bawah tekanan moderat."

Secara lokal semua sektor cenderung menguat jelang keputusan suku bunga bulanan oleh Reserve Bank of Australia, dengan para pejabat bank sentral diperkirakan akan mempertahankan suku bunga resmi di 0,25 persen.

Di sektor keuangan, bank-bank besar melonjak dengan Commonwealth Bank naik 2,46 persen, National Australia Bank naik 2,36 persen, Westpac Bank naik 2,73 persen dan ANZ naik 3,02 persen.

Baca juga: Saham Australia berakhir sedikit melemah terseret bank-bank besar

Saham-saham pertambangan menguat dengan Fortescue Metals naik 3,92 persen, BHP naik 1,53 persen, Rio Tinto naik 2,54 persen dan penambang emas Newcrest naik 0,18 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas melonjak dengan Oil Search naik 2,73 persen, Santos naik 4,14 persen dan Woodside Petroleum naik 2,20 persen.

Supermarket terbesar Australia terangkat dengan Coles naik 1,06 persen dan Woolworths naik 1,40 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra bertambah 1,62 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas lepas landas 2,19 persen dan perusahaan biomedis CSL meningkat 1,76 persen.

Baca juga: Saham Aussie berakhir jatuh dua persen, hari terburuk dalam sebulan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden buka perdagangan perdana, IHSG menguat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar