Cegah karhutla, apel siaga dan pelatihan digelar di Jambi

Cegah karhutla, apel siaga dan pelatihan digelar di Jambi

Pengecekan peralatan pemadam kebakaran oleh Camat, BPBD dan Manggala Agni milik Satgas Karhutla PT BBB di Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Selasa (4/8/2020). (FOTO ANTARA/Nanang Mairiadi)

Kami berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam pencegahan karhutla dengan melatih tim satgas karhutla sebaik mungkin
Jambi (ANTARA) - Untuk mengantisipasi bencana musim kemarau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jambi bersama PT Brahma Binabakti (BBB), Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Manggala Agni (BPPIKHL) Jambi, Polsek Sekernan dan Koramil Sengeti melakukan apel kesiapsiagaan dan pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi.

"Kegiatan apel kesiapsiagaan dilakukan dengan pengecekan kelengkapan sarana dan prasarana alat pemadam kebakaran yang dimiliki PT BBB dan  pelatihan pencegahan kebakaran kepada Satuan Tugas Pengendalian Karhutla (Satgas Karhutla) BBB oleh Tim Manggala Agni Jambi yang dilakukan selama tiga hari sejak 28-30 Juli 2020," kata Direktur Utama PT BBB, George Oetomo, di Jambi, Selasa.

"Kami berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam pencegahan karhutla dengan melatih tim satgas karhutla sebaik mungkin. Selain itu, BBB juga menyediakan sarana dan prasarana pemadam kebakaran yang memadai dengan jumlah lebih dari yang ditentukan oleh pemerintah," tambahnya.

Sementara itu Kepala BPBD Muarojambi, Alias mengatakan PT BBB telah mempersiapkan tim satgas karhutla dan juga sarana dan prasarana dengan baik sehingga diharapkan jika terdapat bencana karhutla tim satgas dapat menanggulanginya dengan cepat.

Pihaknya meminta agar PT BBB terus menjaga dan berkoordinasi serta bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan dalam mengatasi bencana karhutka di Kabupaten Muarojambi.

Selanjutnya, Camat Sekernan, Kemas Ismail Azim memberikan apresiasi kepada BBB atas kegiatan apel siaga dan pelatihan pencegahan karhutla yang dilakukan itu.

Salah satu anggota Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) Desa Suko Awin Jaya, Hanafi Lubis mengatakan pelatihan itu sangat bermanfaat karena mereka mendapatkan pelajaran mulai dari pencegahan sampai mengatasi bencana api.

Sedangkan Kepala Desa Suko Awin Jaya Joniadi Nainggolan mengatakan bahwa selama ini pihaknya telah bermitra dengan BBB dalam penanganan masalah karhutla di area konsensi perusahaan dan berharap agar ke depannya perusahaan bersama KTPA dapat terus bersinergi dengan baik.

Pada pelatihan, materi yang diberikan mencakup teori dasar pencegahan dan pengendalian kebakaran hingga teknik dan strategi penanganan karhutla. Selain itu juga diberikan latihan simulasi kebakaran agar tim satgas karhutla dapat memiliki kerjasama yang baik pada saat mengatasi bencana kebakaran.

Dengan dilakukannya apel siaga dan pelatihan ini, kata dia, pihak desa dapat mempersiapkan tim bersama BBB dalam menghadapi bencana karhutla dan bersama tim satgas karhutla dan KTPA  akan berusaha semaksimal mungkin dalam upaya penanganan agar tidak ada bencana kebakaran di konsensi BBB.

Sementara itu Estate Manager BBB, Triyono menambahkan kegiatan apel kesiapsiagaan ini dihadiri oleh perwakilan Kapolsek Sekernan Aiptu Ibnu Saufi Hakiki, Kepala Desa Tanjung Lanjut Edi Sugito, serta perwakilan KTPA dari Desa Tanjung Lanjut, Desa Teluk Ketapang, Desa Kaos, Desa Suak Putat, Desa Lubuk Ruso, Desa Kuap dan Desa Bukit Baling.

Seluruh kegiatan pencegahan karhutla ini merupakan satu rangkaian dari Program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang bertujuan untuk memberdayakan ekonomi desa agar dapat tumbuh makmur.

Selain itu, juga mencegah terjadinya bencana kebakaran dan perusahaan terus melakukan pengembangan program ini agar ekonomi di desa binaan perusahaan terus berkembang.

Baca juga: Lokasi karhutla Muarojambi ditinjau Kepala BNPB dan Pangdam

Baca juga: Satgas Karhutla berjibaku padamkan api di Muarojambi

Baca juga: Program desa makmur peduli api tepat cegahan karhutla di Jambi

Baca juga: Cegah karhutla di Jambi, APHI siap berikan dukungan


 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Konawe Selatan siaga hadapi karhutla

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar