DPR harap Indonesia-Turki segera temukan vaksin COVID-19

DPR harap Indonesia-Turki segera temukan vaksin COVID-19

Ketua DPR RI Puan Maharani. ANTARA/dokumentasi pribadi

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani berharap kerja sama Indonesia dan Turki dalam pengadaan obat dan vaksin COVID-19 segera terwujud sehingga Indonesia akan mendapatkan manfaatnya dalam waktu yang tidak lama lagi terkait dengan penemuan obat dan vaksin tersebut.

"Saya mendengar Menteri Ristek dan Teknologi Indonesia sudah berbicara dengan Menteri Tekhnologi dan Industri Turki membahas pengembangan obat dan vaksin COVID-19. Semoga kerja sama ini berhasil dan kita akan mendapatkan manfaatnya dalam waktu yang tidak lama lagi," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Harapan itu disampaikan Puan saat dirinya berbicara melalui telepon dengan Ketua Parlemen Turki (Grand National Assembly of Turkey) Mustafa Sentop, Senin (3/8).

Baca juga: DPR: Pengelolaan anggaran COVID-19 jangan melanggar hukum

Puan mengharapkan agar parlemen Turki ikut mendorong kerja sama tersebut agar obat dan vaksin COVID-19 segera ditemukan dan diproduksi.

Ia mengatakan bahwa penanganan COVID-19 antara kedua negara menjadi salah satu materi pembahasan courtesy call antara dirinya dan Sentop.

Seperti dikutip dari akun Instagram pribadi Puan yaitu @Puanmaharaniri, courtesy call antara kedua ketua parlemen itu berlangsung Senin (3/8) siang waktu Jakarta.

Puan Maharani berbicara dari kantornya di kompleks MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, sementara Mustafa Sentop dari kantor parlemen Turki.

Menurut Puan, pembicaraan tersebut dalam rangka perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Turki.

"Kami saling mengucapkan selamat Iduladha dan berbincang tentang bagaimana kondisi Indonesia dan Turki, terutama di tengah situasi menghadapi pandemi COVID-19," ujarnya.

Menurut politikus PDI Perjuangan itu, dalam pembicaraannya dengan Sentop juga menyinggung isu Palestina.

Baca juga: Puan: Idul Adha ciptakan solidaritas atasi pandemi

"Terkait isu Palestina yang akan disampaikan di PBB, tentu saja Indonesia akan tetap mendukung negara Palestina," katanya.

Dalam pembicaraan yang berlangsung hangat sekitar 15 menit itu, Ketua Parlemen Turki Mustafa Sentop menyatakan penghargaan tinggi atas hubungan persahabatan erat Indonesia-Turki.

Ia mengatakan bahwa Turki Siap membantu penanganan pandemi COVID-19, termasuk membantu penyediaan alat-alat kesehatan dan obat-obatan yang diperlukan.

"Ke depan kerja sama RI-Turki harus diperkuat di berbagai bidang," ujar Mustafa Sentop.

Sentop mengamini pernyataan Puan bahwa Turki-Indonesia sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina di berbagai forum internasional seperti Sidang Umum PBB.

Di akhir pembiacaraan, Puan menyampaikan salam kepada Presiden Turki Reccep Tayip Erdogan melalui Ketua Parlemen Turki.

"Mohon sampaikan salam hangat saya kepada Presiden Erdogan dan seluruh rakyat Turki," ujar Puan.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

WNA terpidana mati kabur, DPR dorong penambahan petugas lapas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar