Membuat "filter" dengan Lens Studio milik Snapchat

Membuat "filter" dengan Lens Studio milik Snapchat

Hasil tangkap layar aplikasi Lens Studio pada desktop. (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Lens Studio merupakan aplikasi desktop gratis milik Snapchat, yang dirancang untuk para pengembang dan seniman untuk menciptakan dan mendistribusikan Lens AR di Snapchat.

Dalam Lens Studio Workshop virtual yang digelar, Selasa, Snapchat mengajarkan cara membuat Face Lens, filter lucu dan unik yang ada pada Snapchat.

"Lens Studio dirancang untuk Anda yang baru mulai berkreasi dalam animasi 2D atau seniman profesional yang tertarik untuk menciptakan AR (Augmented Reality) Anda sendiri," kata seorang juru bicara Snapchat.

Baca juga: Snapchat tidak mau tayangkan konten Presiden Trump

Baca juga: Snapchat perbarui aplikasi demi tambah audiens


Untuk menggunakannya, terlebih dahulu mengunduh Lens Studio secara gratis di Mac dan Windows dengan panduan dan tools yang mudah digunakan.

Setelah mengunduh, kemudian membuka Lens Studio untuk pertama kalinya, akan muncul pemberitahuan "ikuti tur interaktif." Anda dapat menekan tombol "mulai" untuk memulai proyek pertama dengan tutorial singkat.

Anda akan mendapatkan berbagai tutorial, seperti menambahkan objek baru atau menambahkan efek pada wajah, mengganti latar belakang, hingga akhirnya Lens AR buatan Anda dapat digunakan.

Namun, Anda dapat keluar dari tur tutorial tersebut kapan saja dengan menekan CMD + W di Mac atau CTRL + W di Windows dan kembali ke layar beranda.

Anda masih dapat menemukan tutorial dengan memilih opsi Mulai Tutorial pada bagian Bantuan di menu atas.
 
Hasil tangkap layar aplikasi Lens Studio pada desktop. (ANTARA/Arindra Meodia)


Lens Studio terdiri dari sekelompok panel modular. Panel apa pun dapat dipindahkan dan diskalakan sesuai kebutuhan.

Misalnya, Anda dapat memvisualisasikan Lens dalam ruang 3D layaknya AR. Panel Scene akan secara otomatis beralih ke mode Scene 2D untuk efek wajah, misalnya.

Sementara, objek dalam panel scene dapat diatur melalui "drag and drop" sederhana di panel objek. Anda juga dapat menambahkan komponen ke dalam objek, misalnya stiker atau GIF.

Jika sudah puas dengan desain Lens buatan Anda, selanjutnya Anda dapat melihat pratinjau Lens tersebut jika diterapkan pada wajah.

Setelah itu, Anda dapat menekan tombol "Pair Your Device" untuk menghubungkan aplikasi Snapchat Anda ke Lens Studio. Setelah terpasang, Anda dapat melihat Lens hasil desain Anda dalam Snapchat.

"Snapchat adalah platform yang secara fundamental berbeda dengan yang lain. Kamera Snapchat langsung terbuka saat aplikasi dibuka untuk mengajak para Snapchatters mengekspresikan diri, menjadi kreatif, dan mengeksplor diri mereka sendiri - dan ini berdampak positif pada keterlibatan yang kami lihat melalui kamera kami," ujar juru bicara Snapchat.

Snapchat meyakini bahwa augmented reality adalah alat yang tepat untuk mengekspresikan diri dan berkomunikasi.

"Itulah sebabnya kami fokus pada tiga inti AR, memahami dunia melalui kamera Snapchat, menyediakan platform bagi para creators untuk membangun pengalaman AR, dan berinvestasi dalam hardware untuk mengungguli smartphone di masa depan," juru bicara Snapchat menambahkan.

Baca juga: Snapchat tambah fitur musik mirip TikTok

Baca juga: Snapchat umumkan fitur perintah suara Voice Scan

Baca juga: Snapchat akan buka kantor di Singapura

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar