E-Sport

Kemenpora dan IESPL gelar Piala Menpora Esports 2020 Axis kala pandemi

Kemenpora dan IESPL gelar Piala Menpora Esports 2020 Axis kala pandemi

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama Indonesia Esports Premiere League (IESPL) akan menggelar turnamen esports bertajuk Piala Menpora Esports 2020 Axis pada 17 Agustus 2020. (ANTARA/HO/IESPL)

Esports bisa dimainkan dengan gegap gempita ada penonton maupun dengan tanpa penonton
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama Indonesia Esports Premiere League (IESPL) akan menggelar turnamen esports bertajuk Piala Menpora Esports 2020 Axis pada 17 Agustus mendatang, di saat seluruh kompetisi olahraga justru terhenti seketika akibat pandemi COVID-19.

Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto mengatakan bahwa alasan diselenggarakannya turnamen tersebut sebab esports merupakan satu-satunya sektor yang hingga saat ini masih eksis dan bertahan di saat kegiatan lain justru banyak terdampak COVID-19.

“Olahraga menjadi salah satu lini yang terkena dampak luar biasa dari COVID-19. Tapi untuk esports ternyata eksistensi dan antusiasmenya tetap tinggi karena esports bisa dimainkan dengan gegap gempita ada penonton maupun dengan tanpa penonton,” ujar Gatot dalam bincang media "Esports di tengah Pandemi" yang digelar secara virtual di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kemenpora dukung Indonesia gelar esport berskala internasional

Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020, Giring Ganesha, menambahkan bahwa kompetisi tersebut dibuat bertujuan menjaring talenta-talenta muda esports Indonesia.

Namun dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung, maka seluruh rangkaian Piala Menpora Esports 2020 akan digelar secara online dan para peserta bisa bermain di rumah masing-masing.

"Pak Menpora menekankan bahwa kegiatan ini harus dijalankan dengan tiga elemen, yakni mencari bibit baru, mengadakan pertandingan yang aman di tengah pandemi dan tetap mensosialisasikan bahaya COVID-19," kata Giring.

Baca juga: Lika-liku perkembangan industri game Indonesia

Pendaftaran mulai dibuka pada 1 Agustus dan terbuka untuk semua orang yang masih duduk di bangku SMP, SMA, maupun universitas. Panitia menargetkan sebanyak lebih dari 10 ribu peserta untuk beradu kemampuannya.

"Kami mulai kick off pada 17 Agustus. Sementara babak kualifikasi dimulai pada 3-4 Oktober," ungkap Giring.

Piala Menpora Esports 2020 Axis akan mempertandingkan gim Mobile Legends: Bang Bang yang merupakan gim besutan Moonton yang mengusung genre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Para pemain akan bertanding 5 vs 5 dalam gelaran Piala Menpora Esports 2020 Axis.

Baca juga: Dilema dunia olah raga di tengah perkembangan esport
Baca juga: Esport menanti kepastian menuju pengakuan

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemenpora dukung Olahraga Kempo berlaga di Sea Games dan Olimpiade

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar