Jakarta (ANTARA) - Tindak kejahatan modus pecah kaca pada mobil ternyata bisa di klaim pada asuransi, jika Anda mendaftarkan hal itu kepada asuransi.

SVP Communication & Customer Service Management Asuransi Astra, L. Iwan Pranoto mengungkapkan bahwa pada dasarnya risiko kaca mobil pecah karena tindak kejahatan akan ditanggung pihak asuransi. Jika hal itu memang terbukti karena adanya tindak kejahatan.

"Tapi kalau penyebabnya termasuk dalam huru-hara atau terorisme, maka itu di luar ketentuan polis dan tidak diganti asuransi. Jadi, dalam proses penggantian atau klaim itu pihak asuransi tidak serta merta memberikan tanggung jawab sebelum mengetahui penyebab. Untuk mendapatkan perlindungan mobil yang lebih menyeluruh, pelanggan dapat menambahkan perluasan jaminan sesuai dengan kebutuhan," ungkap Iwan dalam siaran pers, Rabu.

Baca juga: Asuransi Astra kaji premi mobil listrik, kemungkinan lebih mahal

Baca juga: Asuransi Astra tumbuh 10 persen semester I, meski pasar otomotif turun


Sebagaimana diketahui, hal itu sudah tertuang pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 1 ayat 1.2 mengenai point perbuatan jahat.

Dalam ketentuan polis, perbuatan jahat merupakan tindakan seseorang atau kelompok orang yang berjumlah kurang dari 12 (dua belas) orang yang dengan sengaja merusak harta benda orang lain karena dendam, dengki, amarah, atau vandalistis.

Para pelanggan juga diharapkan untuk mengecek kembali polis yang dipegang, pastikan jenis perlindungan atau perluasan perlindungan yang diambil sudah sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai proteksi lebih dengan melakukan perluasan jaminan pada asuransi mobil Anda, yaitu jaminan perlindungan tambahan di luar ketentuan yang terdapat pada polis asuransi umum.

Proteksi ini menjamin penggantian risiko kendaraan yang disebabkan beberapa penyebab, antara lain bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tsunami, hingga kerusakan akibat kerusuhan, huru-hara, terorisme, sabotase, dan lainnya.

Untuk mengklaim kaca mobil yang pecah akibat tindak kriminal, konsumen asuransi Garda Oto, cara untuk mengklaim adalah sangat mudah, Anda bisa melaporkan kejadiannya melalui contact center Garda Akses di nomor 1500112 yang dapat membantu Anda selama 24 jam atau Anda dapat mengunjungi kantor cabang atau Garda Center terdekat.

Dalam hal ini, pelaporan kerugian setelah kejadian harus dilakukan selambat-lambatnya lima hari kerja setelah kejadian, sesuai dengan yang sudah tercantum di dalam polis.

Baca juga: Waspada, asuransi mobil pribadi bisa gugur bila jadi taksi online

Baca juga: Cara agar klaim mobil kebanjiran diterima asuransi

Baca juga: Asuransi mobil bekas "ngeri-ngeri sedap"
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020