Kemarin, skenario pemulihan ekonomi hingga produksi vaksin COVID-19

Kemarin, skenario pemulihan ekonomi hingga produksi vaksin COVID-19

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. ANTARA/HO-ekon.go.id/pri.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (4/8/2020) kemarin, mulai dari skenario pemulihan ekonomi hingga produksi vaksin COVID-19 dipastikan terbuat dari bahan baku yang halal.

1. Airlangga pastikan skenario pemulihan ekonomi berlanjut hingga 2021

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan skenario pemulihan ekonomi yang disiapkan pemerintah akan berlanjut hingga 2021.

Airlangga dalam pidato kunci pada acara Rakernas BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta, Selasa, mengatakan skenario itu disiapkan karena pandemi diperkirakan belum pulih dalam waktu dekat.

Simak selengkapnya di sini

2. Ketua OJK nilai sentimen positif mulai terjadi di pasar modal

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menilai saat ini sudah mulai terjadi adanya sentimen positif di pasar modal baik di Indonesia maupun global.

“Sentimen positif sudah mulai terjadi di pasar modal bukan hanya di Indonesia tapi seluruh dunia. Penguatan ini lebih didorong oleh adanya investor domestik,” katanya dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Selasa.

Simak selengkapnya di sini

3. Peneliti: Insentif fiskal harus tepat sasaran agar ekonomi pulih

Peneliti perpajakan dari DDTC Fiscal Research Bawono Kristiaji menilai insentif fiskal yang diberikan pemerintah harus tepat sasaran agar ekonomi domestik dapat pulih lebih cepat.

Menurut Bawono, masyarakat dan dunia usaha khususnya korporasi, membutuhkan insentif yang berbeda dalam setiap fase pemulihan ekonomi. Karena itu, pemerintah perlu mempertimbangkan kembali jenis insentif, kriteria yang dapat dimanfaatkan, durasi insentif, dampak dan efektivitas, serta administrasinya.

Simak selengkapnya di sini

4. Menteri Edhy optimistis ekspor perikanan melesat saat pandemi

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan optimistis bahwa upaya yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bakal membuat ekspor sektor perikanan makin melesat meski saat pandemi.

Menteri Edhy dalam webinar di Jakarta, Selasa, mengungkapkan bahwa nilai ekspor hasil perikanan semester I-2020 mencapai 2,4 miliar dolar AS atau naik 6,9 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Simak selengkapnya di sini

5. Menteri BUMN pastikan Bio Farma produksi vaksin COVID-19 halal

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan produksi vaksin COVID-19 di PT Bio Farma dipastikan terbuat dari bahan baku yang halal.

"Insya Allah bahan bakunya pasti halal, karena Bio Farma sudah menjadi salah satu pusat produksi vaksin halal, banyak negara-negara Timur Tengah yang sudah beli," kata Erick saat berkunjung ke PT Bio Farma, di Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Simak selengkapnya di sini

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

OJK dan SC Malaysia teken kerja sama penguatan "Fintech"

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar