Balikpapan (ANTARA) - Persiba Balikpapan memastikan pihaknya tetap menaati protokol pencegahan penularan COVID-19 ketika skuatnya dijadwalkan kembali berkumpul untuk bersiap mengikuti kelanjutan Liga 2 2020 yang sedianya dimainkan kembali mulai Oktober.

Kendati waktu persiapan tergolong singkat, Manajer Persiba Sayid MN Fadly mengaku optimistis skuatnya bisa mengoptimalkan kesempatan yang ada untuk tampil baik di pertandingan.

"Mereka kan tetap menjaga kondisi dengan program latihan yang diberikan tim pelatih," kata Fadly.

Baca juga: PSIM minta PSSI tidak menganaktirikan Liga 2

Manajemen juga selalu mengingatkan untuk taat pada protokol kesehatan agar tidak tertular COVID-19 seperti memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak dengan orang lain, termasuk tidak berkumpul atau berolahraga dengan orang yang tidak diketahui riwayat kesehatannya.

Waktu tiga pekan akan difokuskan untuk taktik dan strategi permainan dan meningkatkan kembali kondisi fisik guna mencapai kebugaran bertanding maksimal.

"Dan saya yakin sebagai pemain profesional, para pemain melaksanakan apa yang diminta pelatih agar siap pada saatnya bila kompetisi bergulir," lanjut Fadly.

Asisten Pelatih Persiba Bambang Walelang menuturkan, program latihan mandiri para pemain tetap dipantau pelatih. Kondisi ke-28 pemain saat ini juga sehat dan tak ada yang mengalami cedera.

Baca juga: Pengamat nilai PSSI terlalu paksakan liga dan abaikan kurva penularan

Tidak semua pemain Persiba meninggalkan Balikpapan, salah satunya sang kapten Bryan Cesar Ramadan yang memang warga asli Kota Minyak dan rutin menjaga kebugaran fisiknya bersama rekan-rekannya asal Papua yang bertahan di mess pemain di Komplek Stadion Tenis.

"Saya kadang juga jogging di Lapangan Merdeka," kata Septinus Alua, gelandang jangkar Beruang Madu yang punya hobi memancing.

Liga 2 2020 ditunda sejak Maret, setelah kompetisi baru memainkan satu pertandingan dan Persiba berhasil mengalahkan tamunya Kalteng Putra dengan skor 3-2 demi bertengger di puncak klasemen Wilayah Timur.

Baca juga: Kick-off Liga 2, Persiba gulung Kalteng Putra 3-2
Baca juga: Kalteng Putra benahi pertahanan setelah dikalahkan Persiba

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020