Banyak pembeli saya dari luar kota, bahkan luar negeri juga ada. Mayoritas pembeli baru, saya tanya kok tahu produk saya dari mana? Mereka jawab dari Lapak Ganjar.
Salatiga (ANTARA) -
Omzet salah satu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Batik Srihanna di Kota Salatiga, Jawa Tengah, mengalami kenaikan pesat setelah mengikuti Program Lapak Ganjar di media sosial Instagram tiap hari Minggu.

"Saya itu 'followernya' pak Ganjar, jadi saya selalu tahu bapak 'posting' apa. Nah saat bapak 'posting' ada Lapak Ganjar, saya langsung ikut. Alhamdulillah sangat membantu, bahkan omzet saya naik menjadi 350 persen, luar biasa," kata Sri Ambarwati (40), pemilik UMKM Batik Srihanna saat menerima kunjungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di tempat tinggalnya di Kota Salatiga, Kamis.

Perempuan paruh baya itu tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Ganjar karena sebagai UMKM kecil yang sempat berhenti produksi karena terdampak pandemi COVID-19 sehingga dirinya sangat terbantu dengan Program Lapak Ganjar.

"Banyak pembeli saya dari luar kota, bahkan luar negeri juga ada. Mayoritas pembeli baru, saya tanya kok tahu produk saya dari mana? Mereka jawab dari Lapak Ganjar. Saya dan suami sampai nangis, luar biasa saya berterima kasih pada Pak Ganjar. Lapak Ganjar itu sesuatu banget," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah fokus genjot UMKM antisipasi ancaman resesi

Ganjar mengaku sengaja mampir untuk melihat kondisi UMKM yang mengatakan terbantu dengan  Program Lapak Ganjar dan ternyata, memang program kecil yang dilakukannya memberikan dampak signifikan bagi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi COVID-19.

"Ini salah satunya, Mbak Sri Ambarwati yang ikut Lapak Ganjar. Dia 'ngumpulin' kain tenun, lurik dan batik dari banyak daerah dan didesain sendiri menjadi baju yang bagus-bagus. Cerita menariknya, ada banyak pembeli dan pelanggan baru dari berbagai daerah, dia tanya tahu dari mana, ternyata dari Lapak Ganjar," katanya.

Ternyata, di tengah pandemi COVID-19, lanjut dia, omzet penjualannya naik drastis dan dirinya bersyukur karena cara yang dilakukannya bisa membantu.

"Alhamdulillah, ternyata kalau kita terus berikhtiar, pasti ada jalan. Seperti Mbak Ambar ini yang sukses meski di tengah pandemi. Saya sengaja mampir karena hari ini ada acara di Salatiga. Dan sebelumnya, Mbak Ambar ini kirim masker dan celemek dari kain lurik untuk saya dan istri, saya lihat bagus banget, makanya mampir," ujarnya.

Baca juga: Teten pastikan bantuan PEN tepat sasaran

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuat program khusus untuk membantu pelaku UMKM berjualan di tengah pandemi COVID-19.

Melalui instastory di akun Instagramnya, Ganjar membuat Lapak Ganjar setiap hari Minggu dengan mengunggah produk-produk dari pelaku UMKM di Jateng.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020