Jakarta (ANTARA) - Cerita rakyat Rara Jonggrang diadaptasi menjadi sebuah musikal kekinian berjudul "Rara J", berkisah tentang seorang pria yang menjadi budak cinta atau bucin pada seorang wanita.

Cerita rakyat asal Jawa Tengah ini tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia, di mana kisah aslinya tentang Rara Jonggrang yang meminta dibuatkan 1.000 candi pada Bandung Bandawasa sebagai syarat untuk meminangnya.

Kisah tersebut ternyata masih relevan untuk generasi jaman sekarang atau yang biasa disebut "jaman now". Pada musikal "Rara J", seorang beauty vlogger bernama Rara J memberi tantangan kepada seorang pria bernama Bandung yang jatuh hati padanya.

Rara tidak meminta untuk diberi seribu candi, syaratnya relevan dengan anak muda jaman sekarang yakni membuat sebuah konten yang disaksikan oleh banyak penonton atau viewers.

Baca juga: Garin Nugroho gelar workshop di Galeri Indonesia Kaya

Baca juga: Penikmat seni diajak lomba menari & berlatih menulis prosa #dirumahaja


Chriskevin Adefrid selaku sutradara teater dan penulis naskah mengatakan kisah cinta antara Rara Jonggrang dan Bandung Bandawasa asli masih sangat relevan dengan anak muda masa kini, bahkan menurutnya sosok Bandung adalah legenda bucin masa lampau.

"Kita sebenarnya memang mau mengambil cerita rakyat dan 'Rara J' itu milenial banget. Cerita ini adaptasi dari cerita rakyat Rara Jonggrang dan kita mau ngasih tahu kalau bucin itu udah ada dari jaman legenda, Bandung Bandawasa itu legenda bucin jaman dulu," ujar Chris dalam diskusi "Rara J" secara daring, Kamis.

"Pas kita meneliti lebih lanjut tentang sejarah Bandung Bandawasa, ternyata itu ada layer-layernya. Bandung Bandawasa itu ternyata ada dua versi, orang baik dan orang jahat. Nah Bandung yang masa kini semacam orang yang stalking Rara atau apa, terserah penonton nanti mau menganggapnya dari sudut pandang apa," kata Venytha Yoshiantini, sutradara teater dan koreografer.

Musikal "Rara J" merupakan persembahan BOOW LIVE X Indonesiakaya.com yang dapat disaksikan secara bebas mulai hari ini pukul 20.00 WIB di kanal YouTube IndonesiaKaya.

"Rara J" dibintangi oleh Daniel Ongko sebagai Bandung, Neala Vangelin sebagai Rara J, Damien Errol Jonathans sebagai Workout Influencer, Aldafi Adnan sebagai Mukbang Influencer, Zaya Fadhillah sebagai Kpop Influencer, Tina Simanjuntak sebagai Mama Rara.

Episode ini juga diproduseri Bayu Pontiagust dan disutradarai oleh sutradara teater Chriskevin Adefrid dan Venytha Yoshiantini sekaligus koreografer dan manajer panggung. Sutradara teater ini juga berkolaborasi dengan sutradara film Naya Anindita, asisten sutradara Habibie Alkateer.

Naskah "Rara J" ditulis oleh Titien Wattimena bekerja sama dengan Chriskevin Adefrid, Venytha Yoshiantini dan Ivan Tangkulung dari TEMAN (Teater Musikal Nusantara) yang mengadaptasi cerita rakyat Rara Jonggrang dan mengaplikasikannya dalam kehidupan generasi muda pada masa kini.

Baca juga: Pertunjukan virtual #MusikalDiRumahAja hadirkan enam cerita rakyat

Baca juga: Monolog Happy Salma dalam musikal "Inggit Garnasih" pada April 2020

Baca juga: Wulan Guritno ramaikan pementasan teater musikal "Pusaran Cinta"


Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020