Formula 1

Ricciardo yakin peringkat tiga konstruktor memungkinkan bagi Renault

Ricciardo yakin peringkat tiga konstruktor memungkinkan bagi Renault

Duet pebalap Renault Daniel Ricciardo (#3) dan Esteban Ocon (#31) di Grand Prix Styria, Red Bull Ring, Austria (12/7/2020) Joe Klamar/Pool via Reuters

Jakarta (ANTARA) - Daniel Ricciardo optimistis Renault bisa finis peringkat tiga konstruktor Formula 1 musim ini, melihat peta persaingan setelah empat grand prix digelar di musim yang terdampak pandemi.

Bukan tanpa alasan sang pebalap asal Australia itu yakin, karena Ferrari tahun ini kewalahan dengan performa buruk mobilnya dan bahkan kesulitan mengatasi kecepatan mobil tim papan tengah layaknya Racing Point, Renault, dan McLaren.

Renault menyelesaikan Grand Prix Britania di Sirkuit Silverstone akhir pekan lalu sebagai tim yang meraup poin terbanyak ketiga.

Renault membawa pulang 20 poin berkat Ricciardo yang finis P4 dan Esteban Ocon di P6, sedangkan Mercedes meraih 25, dan Red Bull 23.

Tim pabrikan asal Prancis itu saat ini berada di peringkat enam konstruktor dengan raihan 32 poin, terpaut hanya 19 poin dari McLaren yang berada di peringkat ketiga.

Baca juga: Renault protes legalitas mobil Racing Point untuk ketiga kalinya
Baca juga: Perez tunggu hasil tes COVID-19 untuk bisa balapan di Silverstone


Jelang Grand Prix 70th Anniversary di Silverstone, Ricciardo mengaku senang Renault bisa bertarung dengan tim seperti Ferrari, McLaren dan Racing Point tahun ini.

"Kalian tidak hanya bertarung untuk satu posisi yang lebih baik atau satu posisi yang lebih buruk di konstruktor, aku kira peringkat tiga bisa diperebutkan," kata Ricciardo seperti dikutip laman resmi F1.

"Mengapitalisasi akhir pekan seperti yang telah kami dapati adalah penting. Kami perlu mengambil kesempatan jika kami ingin bertarung untuk tempat ketiga tentunya.

"Tapi aku merasa setiap tim bisa menjadi tim terbaik ketiga. Bahkan Red Bull seperti di tempat kedua tapi terkadang mereka terlihat berada dalam pertarungan itu juga, jadi ini sangat ketat.

Sayangnya satu-satunya posisi yang setiap orang inginkan dipegang oleh satu tim, tapi sesungguhnya di belakang Mercedes, jika itu adalah akhir pekan yang baik untuk seseorang, dan dia bisa, semuanya memungkinkan.

Baca juga: Bottas perpanjang kontrak dengan Mercedes hingga 2021
Baca juga: Ban yang lebih lunak tantangan baru bagi Hamilton di Silverstone


Ricciardo finis 1,1 detik di belakang Charles Leclerc yang finis ketiga untuk Ferrari pekan lalu setelah start P4 di belakang pebalap Monako itu.

Perbaikan di kecepatan melaju setiap putarannya akan sangat berdampak terhadap hasil Renault di grand prix, kata dia.

"Kami merasa jika kami memiliki paket yang lebih kuat di balapan ketimbang untuk di kualifikasi.

"Jika kami lolos kualifikasi di lima atau enam teratas, kami bisa membalap di depan di semua akhir pekan, setiap akhir pekan," kata Ricciardo, yang tahun depan akan hijrah ke McLaren itu.

Sementara itu Renault akan membawa update ke Silverstone akhir pekan ini untuk meningkatkan level persaingan mereka dengan rival-rival tim papan tengah.

Baca juga: Hamilton juarai GP Britania setelah drama pecah ban di lap terakhir
Baca juga: Pirelli ungkap penyebab pecah ban Hamilton di GP Britania

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar