Jakarta (ANTARA) - Bayer Leverkusen melanjutkan langkah mereka ke babak perempat final Liga Europa setelah melengkapi agregat 4-1 atas Rangers berbekal kemenangan 1-0 dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar di Stadion BayArena, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Gol tunggal Moussa Diaby jadi penentu kemenangan tim besutan Peter Bosz tersebut, yang selanjutnya bakal bertemu wakil Italia Inter Milan di babak perempat final, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Inter amankan tiket perempat final setelah tundukkan Getafe 2-0

Rangers melewatkan 45 menit pertama praktis tanpa melakukan apapun kecuali mempertahankan areanya sendiri tanpa mampu menebas ancaman ke pertahanan tuan rumah.

Tim besutan Steven Gerrard itu bahkan cukup beruntung tak memasuki ruang ganti dalam keadaan tertinggal, mengingat Leverkusen memperoleh peluang emas 16 menit setelah sepak mula.

Havertz berusaha mengirim umpan ke arah Kevin Volland, tetapi bola dihalau oleh Filip Helander dan membentur kembali ke arah gelandang serang incaran Chelsea itu. Havertz segera menyambutnya dengan tembakan voli yang sudah tak mampu diantisipasi kiper Allan McGregor, tetapi untungnya ditolak mistar gawang.

Tujuh menit berselang Havertz kembali menciptakan peluang untuk tuan rumah setelah lolos dari jebakan offside dan berhadapan satu lawan satu dengan McGregor, tetapi kali ini tembakannya melenceng dari sasaran.

Enam menit memasuki babak kedua, Leverkusen akhirnya memimpin lewat ketenangan Diaby mengendalikan bola umpan terobosan dari Charles Aranguiz dengan dadanya sebelum melepaskan tembakan keras yang menaklukkan McGregor.

Baca juga: Gerrard disarankan tidak langsung latih Liverpool setelah Rangers
Baca juga: Chelsea kian serius datangkan Kai Havertz


Rangers akhirnya tampil lebih menyerang dan hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-71 kala Scott Arfield mengirim umpan silang yang mampu disundul Connor Goldson, tapi bola disapu oleh Edmond Tapsoba sebelum melewati garis gawang.

Lantas 10 menit berselang kiper Lukas Hradecky hampir membayar mahal setelah umpannya dipotong oleh Ianis Hagi dan diteruskan ke arah Greg Stewart, beruntung Aranguiz berada di posisi yang tepat untuk menghalau tembakan yang datang dan hanya berujung sepak pojok.

Hradecky membayar kesalahannya dengan penyelamatan gemilang pada injury time ketika menghalau tembakan melengkung Borna Barisic sebelum mengamankan bola dari terkaman Stewart demi memastikan skor 1-0 bagi Leverkusen bertahan hingga bubaran.

Baca juga: Sevilla ke perempat final berkat kemenangan 2-0 atas Roma
Baca juga: MU mulus lewati LASK menuju perempat final Europa


Susunan pemain:

Bayer Leverkusen (4-2-3-1): Lukas Hradecky; Lars Bender (Aleksandar Dragovic), Sven Bender (Jonathan Tah), Edmond Tapsoba, Daley Sinkgraven; Charles Aranguiz, Exequiel Palacios (Adrian Stanilewicz); Kai Havertz, Florian Wirtz (Julian Baumgartlinger), Moussa Diaby (Leon Bailey); Kevin Volland
Pelatih: Peter Bosz

Rangers (4-2-3-1): Allan McGregor; James Tavernier (Nathan Patterson), Connor Goldson, Filip Helander, Borna Barisic; Ryan Jack, Steven Davis (Scott Arfield), Joe Aribo; Brandon Barker (Ianis Hagi), Ryan Kent (Jordan Jones); Alfredo Morelos (Greg Stewart)
Pelatih: Steven Gerrard

Baca juga: Shakhtar pukul Wolfsburg 3-0 untuk lolos ke perempat final Liga Europa
Baca juga: Copenhagen lunasi defisit, singkirkan Basaksehir menuju perempat final
Baca juga: Hitung-hitungan kandidat juara di Liga Europa

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020