Kementan kucurkan Rp12 miliar untuk pertanian Bangka Selatan

Kementan kucurkan Rp12 miliar untuk pertanian Bangka Selatan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghadiri panen raya padi sawah di Desa Rias, Kabupaten Bangka Selatan (8/8) (babel.antaranews@com/ahmadi)

Toboali, Babel, (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) akan mengucurkan dana senilai Rp12 miliar untuk membantu mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.

"Saya sengaja bawa para dirjen datang dan dalam kesempatan ini saya sampaikan akan membantu dana Rp12 miliar untuk mengembangkan sektor pertanian," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri panen raya padi sawah Desa Rias di Kabupaten Bangka Selatan, Jumat.

Ia menjelaskan, Kementan akan membantu pengembangan lahan pertanian di Babel seluas 30 ribu hektare.

"Kami siapkan dana sebesar Rp40 miliar lebih dan sebesar Rp12 miliar untuk pengembangan lahan pertanian di Bangka Selatan," ujarnya.

Sementara itu Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer mengatakan Desa Rias merupakan lumbung pangan daerah dengan luas lahan persawahan sekitar 2.233 hektare.

"Produksi padi sawah Desa Rias mampu membantu memenuhi kebutuhan pangan lokal dan mengurangi ketergantungan pangan dari luar daerah," ujarnya.

Ia mengatakan, potensi lahan persawahan di Bangka Selatan tercatat seluas 30 ribu hektare dan areal persawahan terbesar terdapat di Desa Rias.

"Desa Rias memang lumbung padi andalan Bangka Belitung dan pola pertanian kami hubungkan dengan peternakan dan perikanan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mentan lepas ekspor kubis ke Taiwan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar