KAI Jember sediakan tes cepat COVID-19 di dua stasiun

KAI Jember sediakan tes cepat COVID-19 di dua stasiun

Suasana layanan tes cepat COVID-19 di Stasiun Jember (ANTARA/ HO - Humas KAI Daop 9)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember bekerja sama dengan PT Rajawali Nusindo (RNI Group) menyediakan layanan tes cepat COVID-19 dengan biaya Rp85.000 di dua stasiun wilayah Daop 9 Jember sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

"Layanan tes cepat COVID-19 tersedia di Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang Banyuwangi dengan jam pelayanan dilaksanakan setiap hari," kata Vice President PT KAI Daop 9 Agus Barkah Nugraha di Kabupaten Jember, Jumat.

Pada tahap awal, lanjut dia, layanan tes cepat tersebut akan tersedia di Stasiun Jember mulai 7 Agustus 2020, sedangkan di Stasiun Ketapang Kabupaten Banyuwangi akan tersedia mulai 14 Agustus 2020.

"Mereka yang berhak melakukan tes cepat di stasiun diharuskan memiliki kode booking/tiket KA, sehingga tes cepat itu khusus untuk para penumpang kereta api," tuturnya.

Ia menjelaskan layanan tersebut disediakan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang akan menggunakan kereta api di masa adaptasi kebiasaan baru, sehingga pihaknya berharap pelanggan kereta api dapat memaksimalkan layanan tersebut.

"Inovasi itu adalah hasil dari sinergi BUMN antara KAI dengan RNI melalui anak usahanya PT Rajawali Nusindo. Tentunya kolaborasi antar-BUMN itu dalam rangka turut mewujudkan Indonesia yang lebih maju," katanya.

Agus mengatakan penyediaan layanan tes cepat di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api.

"Dengan hadirnya layanan itu diharapkan mobilitas masyarakat dapat meningkat, dengan tetap menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh penumpang sehat sampai di tujuan," ujarnya.

Dengan layanan tes cepat itu, lanjut dia, penumpang diimbau untuk datang lebih awal ke stasiun untuk mengantisipasi antrean saat tes cepat atau penumpang bisa melakukan tes cepat sehari sebelum keberangkatan di dua stasiun yang melayani tes cepat COVID-19.

Di wilayah Daop 9 tercatat ada empat kereta yang beroperasi yakni KA Tawangalun relasi Ketapang Banyuwangi-Malang, KA Probowangi relasi Ketapang Banyuwangi-Surabaya, KA Sritanjung relasi Ketapang Banyuwangi-Lempuyangan, dan KA Wijayakusuma yang beroperasi pada akhir pekan (Jumat, Sabtu, Minggu).
 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Gubernur pantau operasi tes cepat penumpang KRL di StasiunĀ  Bogor

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar