Satu korban kecelakaan laut Pantai Goa Cemara ditemukan

Satu korban kecelakaan laut Pantai Goa Cemara ditemukan

Tim SAR Gabungan evakuasi korban tenggelam karena kecelakaan laut di Pantai Goa Cemara Bantul, DIY. ANTARA/HO-Humas Basarnas/am.

selanjutnya dievakuasi menggunakan ATV menuju Posko SAR untuk diteruskan ke RS Bhayangkara guna proses identifikasi
Bantul (ANTARA) - Satu korban tenggelam akibat terseret ombak Pantai Goa Cemara, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ditemukan dalam lanjutan pencarian oleh Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) Gabungan, Sabtu pagi, setelah Jumat (7/8) malam, menemukan satu korban lainnya.

"Informasi dari Posko SAR Gabungan Pantai Goa Cemara, pada pukul 08.45 WIB salah satu korban kecelakaan laut diketemukan di lokasi Pantai Indocor, Srandakan, Bantul," kata pimpinan Humas Badan SAR Nasional (Basarnas) Yogyakarta Pipit Eriyanto dalam keterangan resmi yang diterima di Yogyakarta, Sabtu.

Dia mengatakan korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dengan jarak kurang lebih dua kilometer arah barat dari Pantai Goa Cemara atau tempat di mana korban dilaporkan terseret gelombang pantai pada Kamis (6/8), sekitar pukul 09.30 WIB.

Sebelum korban ditemukan, Tim SAR Gabungan sudah diberangkatkan ke lokasi itu sejak pukul 06.00 WIB untuk melakukan pencarian dengan membagi dalam lima SRU (Search Rescue Unit) guna melaksanakan penyisiran pantai ke arah barat dan timur dari lokasi kecelakaan laut.

Dia mengatakan SRU 1 melaksanakan penyisiran pantai ke arah timur sampai Pantai Samas, SRU 2 melaksanakan penyisiran pantai dari Pantai Goa Cemara ke arah barat sampai Pantai Baru, dan SRU 3 melaksanakan penyisiran pantai dari Pantai Baru ke barat sampai Muara Trisik Kulon Progo.

Baca juga: Lima korban tenggelam di Pantai Goa Cemara Bantul belum ditemukan

Selain itu,  SRU 4 melaksanakan penyisiran dari Pantai Samas sampai Muara Trisik dengan menggunakan kendaraan ATV dan SRU 5 melaksanakan penyisiran laut dari Pantai Congot (Kulon Progo) ke Pantai Goa Cemara menggunakan perahu jukung.

"Pada pukul 08.45 WIB SRU 2 dan SRU 5 menemukan korban di Pantai Indocor dengan jarak kurang lebih dua kilometer dari Pantai Goa Cemara, selanjutnya dievakuasi menggunakan ATV menuju Posko SAR untuk diteruskan ke RS Bhayangkara guna proses identifikasi," katanya.

Hasil identifikasi oleh DVI Polda DIY, korban bernama Muhammad Rizky Romadhon melalui medis, dental, dan visual. Korban berjenis kelamin laki-laki kelahiran 24 Juli 2012 atau berusia delapan tahun yang beralamat di Cemoro, Tempel, Kabupaten Sleman, DIY.

Sebanyak tujuh pengunjung objek wisata Pantai Goa Cemara pada Kamis (6/8), sekitar pukul 09.30 WIB dilaporkan terseret ombak pantai, dua orang ditemukan dan kemudian meninggal di rumah sakit, sedangkan lima orang lainnya dalam pencarian Tim SAR Gabungan.

"Dengan ditemukannya dua orang korban (satu ditemukan meninggal pada Jumat (7/8) malam, red.), sehingga jumlah korban kecelakaan laut Goa Cemara yang belum ditemukan masih tiga orang. Operasi SAR akan dilanjutkan kembali," kata dia.

Baca juga: Satu korban tenggelam di Pantai Goa Cemara Bantul ditemukan meninggal
Baca juga: 4 wisatawan tenggelam di laut selatan Sukabumi
Baca juga: Tim SAR lakukan penyisiran darat dan laut cari wisatawan tenggelam

 

Pewarta: Hery Sidik
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Terjunkan 450 personel, Tim SAR kembali temukan 3 korban banjir Masamba

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar