Formula 1

Bottas raih pole position di Silverstone, Hulkenberg buat kejutan

Bottas raih pole position di Silverstone, Hulkenberg buat kejutan

Pebalap F1 tim Mercedes Valtteri Bottas di Sirkuit Silverstone, Inggris (8/8/2020). ANTARA/REUTERS/Pool/Ben Stansall/aa.

Jakarta (ANTARA) - Valtteri Bottas tampil tercepat di babak kualifikasi pada Sabtu untuk merebut pole position Grand Prix perayaan hari jadi ke-70 tahun Formula 1 di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Bottas mencetak waktu satu menit 25,154 detik mengungguli rekan satu timnya di Mercedes, Lewis Hamilton, dengan margin tipis 0,063 detik, untuk meraih pole position ke-13 sepanjang kariernya, demikian laman resmi Formula 1.

"Ini terasa bagus, aku suka kualifikasi. Aku rasa dalam hal setup, kami membuat kemajuan besar dari akhir pekan lalu. Aku bangga dengan mobil yang luar biasa ini," kata Bottas.

"Secara mental ketika kalian start dari pole kalian hanya bisa mengincar kemenangan, aku perlu start yang baik dari garis dan melaju dari sana," kata Bottas yang baru saja mengamankan perpanjangan kontrak dengan Mercedes hingga 2021 itu.

Sementara itu Nico Hulkenberg menjawab panggilan Racing Point dengan mempersembahkan posisi start ketiga, terpaut hampir satu detik dari catatan waktu Bottas.

Pebalap asal Jerman itu musim ini tidak memiliki kontrak dengan tim manapun namun dimandati Racing Point untuk kedua kalinya menggantikan pebalap Meksiko Sergio Perez yang masih positif COVID-19.

Baca juga: Duet Mercedes puncaki sesi latihan terakhir GP hari jadi F1 ke-70

"Ini gila!," kata Hulkenberg yang gagal start di balapan akhir pekan lalu gara-gara mesin mobilnya tidak menyala jelang start.

"Akhir pekan ini aku merasa lebih siap. Kejutan besar bisa berada di sini dengan senyum lebar di wajahku.... kita lihat apa yang bisa kami lakukan besok, aku akan coba belajar cepat.

Max Verstappen gagal menandingi Hulkenberg dan harus puas mengamankan P4 untuk tim Red Bull.

Sementara itu, Daniel Ricciardo yang sempat menempel ketat duet Mercedes akan start dari P5 dengan mobil Renaultnya di samping Lance Stroll yang menempatkan mobil Racing Point kedua di P6.

Pierre Gasly sekali lagi mengesankan tim AlphaTauri untuk finis P7, mengalahkan pebalap Ferrari Charles Leclerc dan mobil Red Bull kedua yang dikendarai Alexander Albon.

Lando Norris melengkapi peringkat 10 besar untuk McLaren, finis 1,624 dari pemuncak sesi.

Esteban Ocon gagal melaju ke Q3 dan berpotensi terkena penalti mundur tiga detik karena kedapatan menghalangi George Russel di Q1.

Sebastian Vettel masih kewalahan membawa Ferrari SF1000 di Silverstone ketika ia gagal lolos ke Q3 dan akan start dari P12.

Sedangkan McLaren untuk pertama kalinya gagal membawa kedua mobilnya di babak terakhir kualifikasi karena Carlos Sainz hanya mampu finis P13.

Berikut hasil lengkap kualifikasi GP 70th Anniversary
1 Valtteri Bottas Mercedes 1:25,154
2 Lewis Hamilton Mercedes +0,063
3 Nico Hulkenberg Racing Point +0,928
4 Max Verstappen Red Bull Racing +1,022
5 Daniel Ricciardo Renault +1,143
6 Lance Stroll Racing Point +1,274
7 Pierre Gasly AlphaTauri +1,380
8 Charles Leclerc Ferrari +1,460
9 Alexander Albon Red Bull Racing +1,515
10 Lando Norris McLaren +1,624
11 Esteban Ocon Renault - -
12 Sebastian Vettel Ferrari - -
13 Carlos Sainz McLaren - -
14 Romain Grosjean Haas F1 Team - -
15 George Russell Williams - -
16 Daniil Kvyat AlphaTauri - -
17 Kevin Magnussen Haas F1 Team - -
18 Nicholas Latifi Williams - -
19 Antonio Giovinazzi Alfa Romeo Racing - -
20 Kimi Räikkönen Alfa Romeo Racing - -

Baca juga: Racing Point akan ajukan banding terkait kasus 'penjiplakan' komponen
Baca juga: FIA bakal ubah regulasi F1 2021 untuk hindari penjiplakan mobil

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar