PKS-PPP koalisi usung Mahyeldi-Audy Joinaldy di Pilkada Sumbar

PKS-PPP koalisi usung Mahyeldi-Audy Joinaldy di Pilkada Sumbar

Calon Gubernur Sumbar Mahyeldi (kiri) bersama Calon Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy (kanan) pada saat deklarasi di Padang, Minggu (9/8/2020). ANTARA/Ikhwan Wahyudi/am.

Padang, (ANTARA) - Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Persatuan Pembangunan sepakat untuk berkoalisi dan mengusung pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy pada Pilkada Gubernur Sumbar 2020.

"PKS sepakat mengusung Mahyeldi sebagai calon gubernur dan PPP mengusung Audy Joinaldy sebagai calon wakil gubernur untuk memimpin Sumbar ke depan," kata Ketua DPP PKS Wilayah Dakwah Sumatera bagian Utara Tifatul Sembiring di Padang, Minggu.

Ia menyampaikan hal itu pada deklarasi yang dihadiri pengurus dari kedua partai Islam tersebut, pasangan calon serta tokoh masyarakat.

Baca juga: KPU Sumbar kaji ulang anggaran Pilkada 2020

Menurut Tifatul kedua DPP PKS dan PPP telah sepakat untuk berkoalisi di Pilkada Sumbar dan SK penetapan sudah diserahkan kepada pasangan Mahyeldi-Audy.

Ia mengajak semua komponen masyarakat untuk bersama-sama mendukung calon tersebut.

"Mari sambut pilkada dengan jujur dan adil karena orang Minang harus bersatu," ujarnya.

Sementara Calon Gubernur Sumbar Mahyeldi menyampaikan jika terpilih sebagai gubernur akan merealisasikan visi Bersama mewujudkan Sumbar Madani yang unggul dan berkelanjutan.

"Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang telah memimpin Sumbar dalam 10 tahun terakhir," kata dia

"Kendati Gubernur Irwan dilantik pasca gempa hebat pada 2009 dengan etos kerja yang tinggi Sumbar kembali bangkit," ujarnya lagi.

Baca juga: Sumbar manfaatkan teknologi pantau Pilkada 2020

Ia mengatakan ke depan akan bergerak cepat, saling bersinergi, membangun Sumbar dan warganya, menjadikannya sejahtera dan menyiapkan generasi yang siap bersaing secara global dan juga berakhlak Islami.

Mahyeldi mengimbau kader dan simpatisan PKS-PPP saling menjaga suasana yang kondusif membangun sinergi untuk percepatan pembangunan Sumbar dan warganya, baik fisik ataupun rohani.

Sementara Ketua DPW PPP Sumbar Hariadi menyampaikan kendati di pusat PPP dan PKS berada di poros yang berbeda namun ia meyakini pada Pilgub Sumbar dapat bekerja sama dengan baik memenangkan pasangan Mahyeldi-Audy.

Mahyeldi merupakan politisi PKS yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Padang periode 2019-2024 berpasangan dengan Hendri Septa. Sebelumnya ia juga menjabat Wali Kota Padang periode 2014-2019 berpasangan dengan Emzalmi.

Baca juga: PKS incar kemenangan di delapan pilkada di Sumbar

Sebelumnya Mahyeldi menjabat sebagai Wakil Wali Kota Padang periode 2019-2014 berpasangan dengan Fauzi Bahar.

Sementara Audy Joinaldy merupakan pengusaha muda yang bergerak di bidang unggas yang diusung oleh PPP Sumbar sebagai calon wakil gubenur.

Audy lahir di Jakarta 16 Mei 1983 dan saat ini menjabat sebagai Komisaris Perkasa Grup. Menamatkan pendidikan S1 di IPB ia mengambil Master of Science di Wageningen Universiteit Netherlands Major Food Quality Management Minor Animal Nutrition.

Turut hadir pada acara deklarasi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang juga politisi PKS, Anggota DPR RI Fraksi PKS Nevi Zuairina dan Hermanto, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, Ketua DPW PKS Sumbar Irsyad Safar dan undangan lainnya.

Baca juga: KPU Sumbar: Surat dukungan Fakhrizal-Genius Umar penuhi syarat

Baca juga: Fakhrizal-Genius Umar serahkan 336.657 dukungan ke KPU Sumbar

 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar