Artis Terkenal Meriahkan Malam Anugerah FFI 2009

Artis Terkenal Meriahkan Malam Anugerah FFI 2009

Grup Changcuters (Antara/Muhammad Reza)

Jakarta (ANTARA News) - Panitia Festival Film Indonesia menyatakan, puluhan artis terkenal akan memeriahkan Malam Anugerah Festival Film Indonesia atau pemberian Piala Citra 2009, di Jakarta, Rabu (16/12).

Dalam surat elektronik yang diterima ANTARA, Senin, Koordinator Bidang FFI Ilham Bintang menyatakan, para artis itu terdiri atas pengisi acara, pembaca pengumuman pemenang dan ratusan lainnya akan hadir berbaur dengan sekitar 2.500 tamu.

Artis yang mengisi acara, antara lain ST 12, d`Masiv, The Changcuters, Wali, Geisha, Vierra dan Gita Gutawa.

Yang akan tampil membacakan nominasi: Carrisa Putri, Rianti Cartwright, Alice Norin, Kholidi Asadil Alam, Fauzi Baadila, Titi Sjuman, Acha Septriasa, El Manik, Ikaranagara, Deddy Mizwar, Roy Marten, Frans Tumbuan, Yati Octavia, Rae Sita, Jenny Rachman, Niniek L Karim, Widyawati, Jajang C Noer, Kinaryosih, Yama Carlos, Richard Kevin, Wulan Guritno.

Dalam kesempatan itu seluruh pemenang yang berhak meraih Piala Citra, lambang supremasi tertinggi dunia film Indonesia, akan diumumkan.

Piala Citra untuk film & unsur-unsurnya, serta piala untuk film pendek & film dokumenter akan diserahkan kepada yang insan film yang berprestasi. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Ir Jero Wacik akan menyerahkan Piala untuk Film Terbaik FFI 2009.

Nominasi FFI 2009 diumumkan 6 Desember di Batu, Jawa Timur.

Dewan juri film bioskop terdiri atas Alex Kumara, Eduard Pesta Sirait, El Manik, Franky Raden, German Mintapradja, Indra Yudistira, dan Totot Indiarto.

Dewan juri film dokumenter terdiri atas Fajrian Hamdi, Iwan Wahab, Marselli Sumarno, Roy Lolang, serta Yudi Datau, sedangkan dewan juri film pendek yaitu Agni Ariatama, Ainun Ridho, Firman Triyadi, Hadi Artomo dan Hardo Sukoyo.

FFI 2009 diselenggakaran oleh Komite Festival Film Indonesia yang dibentuk Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI lewat surat keputusan tertanggal 11 Agustus 2009.

Komite FFI diketuai Niniek L Karim dengan tiga koordinator yaitu Arya Gunawan sebagai Koordinator Festival Film Luar Negeri, Ilham Bintang Koordinator FFI, dan Labes Widar Koordinator Bidang Umum.

Nominasi film terbaik FFI 2009, yaitu Indentitas, Jamila dan Sang Presiden, Mereka Bilang Saya Monyet, Perempuan Berkalung Sorban, dan Ruma Maida.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009

Komentar